1. Understanding your student's learning style
Understanding your student's learning style
webLoaded = "false" Loadclientside=No

Pahami gaya belajar siswa Anda

Ketika berbicara mengenai memahami cara muridnya belajar, Dr. Michele Borba tersohor akan kepiawaiannya dalam meracik gagasan menarik. Telusuri beberapa gagasannya untuk menghadirkan berbagai peluang bagi siswa Anda di sepanjang perjalanan akademis mereka.


  • Apabila siswa Anda kesulitan dalam mata pelajaran STEM, pertimbangkan penyebabnya: pelajarannya sulit atau teknik pengajaran dan pembelajarannya tidak sesuai dengan gaya belajar siswa. Anak didik Anda mungkin tidak mengetahui gaya belajarnya (kebanyakan siswa seperti itu), tetapi caranya mengerjakan PR atau mengingat perincian dapat memberikan petunjuk yang jelas seputar gaya belajarnya.

  • Pertama, analisis gaya belajar siswa Anda, kemudian sesuaikan pelajaran dan metode belajarnya dengan cara yang tepat. Cobalah membacakan buku kepada siswa Anda: apakah mereka ingin melihat gambar (visual), menyentuh buku/gambarnya (kinestetik), atau memejamkan mata untuk mendengarkannya (auditori)? Tinjau aturan permainan: apakah mereka ingin melihat petunjuk arah (visual), mengulangi petunjuknya setelah Anda bacakan (auditori), atau mengerjakan apa yang baru saja Anda sampaikan (kinestetik)?

  • Inilah sejumlah teknik bagi segala jenis pembelajar:

    1. Pembelajar Visual:

      Pembelajar visual menyukai grafik, menggambar dengan pena warna-warni untuk membantunya mengingat, menggunakan peralatan bantu pengingat, gambar pengingat, dan gambar-gambar lainnya. Pembelajar visual belajar dengan melihat informasi. Gunakan Post-it® Dry Erase Surface untuk menggambar diagram, bagan, dan gambar guna membantu siswa lebih memahami serta mencerna informasi yang disampaikan. Tulis atau gambar petunjuk dan daftar yang harus dilakukan sebagai rujukan.

    2. Pembelajar Auditori:

      Pembelajar Auditori: Kelompok pembelajar ini mengingat pelajaran dengan mendengar dan mengulangi informasinya. Gunakan Post-it® Super Sticky Notes dan tuliskan fakta utama pada masing-masing kertas catatan tentang fokus topik yang dijelaskan. Selain itu, Post-it® Note juga dapat digunakan sebagai flash card dengan membaca nyaring sendirian atau bersama teman belajar untuk mengingat kata.

    3. Pembelajar Kinestetik:

      Pembelajar Kinestetik: Siswa kinestetik belajar dengan menyentuh, menulis, atau bergerak. Ciptakan kegiatan interaktif untuk kelompok pembelajar ini, karena mereka memahami pelajaran dengan menjadi “pelaku”, bukan hanya melihat atau mendengar informasi. Gunakan Post-it® Note ukuran besar untuk memetakan masalah atau membuat kerangka topik utama serta Post-it® Super Sticky Note guna mengelompokkan solusinya. Tuliskan petunjuk atau informasi yang panjang – kegiatan menulis atau gerakan kinestetik membantu mereka mengingat informasinya.


  • Michele Borba

    Michael Borba, Ed.D adalah seorang pendidik kondang di seluruh dunia, pengisi TODAY Show, dan ahli pendidikan keorangtuaan yang dikenal berkat strategi berbasis solusinya untuk menguatkan karakter anak serta mengurangi kenakalan di antara teman sebaya.

    Untuk mengetahui lebih lanjut tentangnya, kunjungi www.micheleborba.com tau ikuti twitter @micheleborba.

belajar anak-anak stem parents tips dr_borba dry_erase super_sticky_notes big_pads

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia