webLoaded = "false" Loadclientside=No

Pertanyaan Umum

webLoaded = "false"

Pertanyaan Umum Seputar Produk Umum

  • Ya. 3M telah melaksanakan uji coba pendauran ulang terhadap Post-it® Note di pabrik pengolahan kertas daur ulang. Bahan perekat pada kertas tidak mengganggu proses pendauran ulang kertas, karena perekat ini telah dihilangkan hingga bersih dalam proses pemisahan tinta. Bahan pewarna kertas dihilangkan dalam proses pemisahan tinta.

  • Post-it® Note tersedia dalam berbagai warna dan ukuran dengan kertas yang mengandung setidaknya 30% kadar kertas daur ulang pascakonsumen. Selain itu, 3M menawarkan catatan berwarna canary yellow dan aneka warna pastel dengan kandungan 100% kertas daur ulang. Catatan dengan komposisi kertas daur ulang 100% terdiri dari 70% serat prakonsumen dan 30% serat pascakonsumen. Post-it® Easel Pad juga tersedia dengan kertas berkadar 30% pascakonsumen.

  • Pasokan serat daur ulang dari kertas baru yang dapat dibuat sangat terbatas. Meskipun menerapkan proses pendauran ulang yang maksimal, pabrik kertas tidak akan mampu menopang seluruh pembuatan kertas hanya dengan bahan daur ulang. Kenyataannya, telah diperkirakan bahwa jika seluruh kertas cetak dan tulis dibuat dari bahan daur ulang, tingkat keberlanjutan maksimal hanya sebesar kurang dari 10% kandungan pascakonsumen.

  • Mendaur ulang adalah strategi penting dalam mengolah limbah dari pembuangan sampah yang padat. Kertas yang dikumpulkan digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk kertas, kardus, dan tisu daur ulang. Pendauran ulang juga menjadi bagian dari upaya perlindungan hutan karena menekan kebutuhan akan serat alami. Namun, pendauran ulang tak hanya sebatas mengumpulkan barang-barang yang dapat didaur ulang. Tiga elemen penting dalam proses pendauran ulang meliputi pengumpulan limbah, pembuatan produk baru dari material daur ulang, dan pembelian barang olahan. Dengan membeli produk berbahan daur ulang, Anda turut memperkuat pasar produk, mendorong munculnya teknologi baru, sekaligus menciptakan pasar yang lebih stabil untuk penjualan material yang terpisah dari pendauran ulang. Saat Anda membeli produk kertas daur ulang, Anda tengah melakukan kewajiban Anda terhadap lingkungan.

  • Ya. Kualitas Post-it® Recycled Note setara dengan Post-it® Note standar kami.

  • Sejak 1975, program Pollution Prevention Pays atau program 3P 3M telah mencegah pembentukan polusi sebesar lebih dari 2,7 miliar pon (1,22 miliar kilogram). Sejak 1990, 3M telah mengurangi emisi udara organik yang mudah menguap sebesar 95% dan emisi gas rumah kaca sebesar 62%. Selain itu, 3M telah berupaya untuk menekan limbah melalui upaya pencegahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang pada pengoperasiannya sejak 1970-an. Pada 2008, 3M mendaur ulang atau menggunakan ulang limbah 20 kali lebih banyak daripada seharusnya, membuangnya di pembuangan sampah, atau menyalurkannya ke fasilitas pengolahan limbah menjadi energi.

  • Limbah prakonsumen, juga dikenal sebagai limbah pascaindustri, secara umum dianggap sebagai material yang dipisahkan dari aliran limbah selama proses manufaktur. Proses ini tidak termasuk pemanfaatan kembali material, misalnya pengolahan, penggilingan ulang, atau potongan yang dihasilkan dalam proses dan dapat digunakan dalam proses pembuatan yang sama. Limbah pascakonsumen secara umum digolongkan sebagai kertas bekas yang dihasilkan di rumah atau di kantor setelah selesai digunakan. Contohnya, koran yang didaur ulang ketika selesai dibaca digolongkan sebagai limbah pascakonsumen.

  • Produk daur ulang setidaknya harus mengandung beberapa material yang telah dipulihkan atau dipisahkan dari aliran limbah padat, baik selama proses manufaktur (prakonsumen) dan/ataupun setelah digunakan konsumen (pascakonsumen). Produk yang dapat didaur ulang artinya produk dapat dikumpulkan, dipisahkan, atau dipulihkan dari aliran limbah padat untuk digunakan kembali ataupun bagi keperluan manufaktur atau perakitan produk maupun kemasan lain melalui program pendauran ulang yang telah ditetapkan. Meskipun banyak produk kertas yang dapat didaur ulang melalui program pendauran ulang yang telah ditetapkan, produk yang menggunakan bahan daur ulang tidak selalu dapat didaur ulang. Post-it® Note dan Post-it® Super Sticky Note dapat didaur ulang.

  • Simbol ini disebut Mobius Loop. Simbol daur ulang berbentuk tiga panah yang saling berhubungan dan membentuk segitiga menyiratkan makna bahwa produk atau kemasan dibuat dengan material daur ulang, atau produk maupun kemasan dapat didaur ulang, atau menunjukkan jenis plastik yang digunakan dalam kemasan. Sering kali ditampilkan informasi di atau di sekitar Mobius Loop untuk menunjukkan jumlah kandungan bahan daur ulang yang digunakan atau bagian dari kemasan atau produk yang dapat didaur ulang.

  • Produk berkelanjutan adalah produk yang diproduksi, digunakan, dan dibuang tanpa menguras sumber daya bumi atau merusak lingkungan. Ciri produk berkelanjutan meliputi penggunaan sumber daya terbarukan secara bertanggung jawab, meminimalkan transportasi untuk melestarikan bahan bakar fossil, proses manufaktur secara bertanggung jawab demi mengurangi polusi, dan penggunaan produk yang dapat didaur ulang. Komponen utama produk Post-it® Note dan Post-it® Easel adalah kertas, serta kertas adalah salah satu sumber daya terbarukan. Seluruh kertas pada Post-it® Note merupakan bagian dari sertifikasi lacak balak. Hal ini berarti sumber pasokan telah ditinjau oleh pihak ketiga. Post-it® Note yang dipasarkan di A.S. juga diproduksi di A.S. Terakhir, produk dapat dibuang baik di tempat pembuangan sampah rumahan ataupun perkantoran.

  • Kertas lacak balak berasal dari hutan produksi yang dikelola dengan baik, dan pepohonannya diperbarui setelah pemanenan. Penebangan ilegal merupakan kegiatan terlarang dan hutan perawan juga dilindungi dari aktivitas penebangan. Lacak Balak atau CoC adalah sistem yang diaudit oleh pihak eksternal. CoC ialah langkah-langkah pemeliharaan saluran tempat produk dari hutan didistribusikan dari hutan asalnya, serta melalui seluruh proses produksi, hingga menjadi produk akhir. Sistem ini dipakai untuk menelusuri dan memverifikasi bahan bakunya serta persentase serat kayu bersertifikasi pada produk jadi.

  • Seluruh Post-it® Note dan Easel Pad merupakan lacak balak bersertifikasi yang dikeluarkan oleh sistem peninjauan pihak ketiga.

  • Manajemen hutan berkelanjutan adalah pengelolaan lahan hutan untuk memenuhi kebutuhan sosial, ekonomis, ekologis, dan budaya generasi saat ini serta pada masa depan. Artinya, pepohonan yang ditebang diganti dengan tanaman baru yang ditumbuhkan secara alami, habitat hewan dan sumber daya air juga dilindungi, sehingga hutan akan terpelihara dan bertahan untuk generasi mendatang.

  • Forest Stewardship Council (FSC) adalah organisasi internasional nonpemerintah yang mendukung manajemen kelayakan lingkungan, manfaat sosial, dan kelangsungan ekonomis hutan dunia. FSC memberikan sertifikasi Lacak Balak untuk pengelolaan hutan berkelanjutan yang serupa dengan SFI. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, lihat:

    www.fsc.org

  • Sustainable Forestry Initiative (SFI) adalah organisasi independen yang dimotori oleh para perwakilan organisasi lingkungan/konservasi, para pejabat publik negara bagian dan pemerintah federal, kelompok profesional dan akademis, serta para pemimpin industri. Program ini merupakan sistem menyeluruh yang mencakup prinsip, tujuan, ukuran kinerja, dan indikator yang mengintegrasikan keberlangsungan pertumbuhan pepohonan dengan perlindungan kehidupan satwa liar, tanaman, tanah, udara, dan air. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai SFI, lihat: www.sfiprogram.org

  • PEFC yang merupakan singkatan dari Program for the Endorsement of Forest Certification ini adalah organisasi payung independen untuk pengakuan sistem sertifikasi hutan nasional dan regional. Sistem PEFC didasarkan pada kriteria yang diakui secara internasional, yaitu melabeli kayu yang telah diaudit secara independen dan dinyatakan berasal dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan. Anggota PEFC dari A.S. adalah SFI. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, lihat www.pefc.org

  • Hubungi Office Supplies Division Information Line pada nomor 1-800-395-1223 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Post-it® Note. Jam operasional mulai 8:00 hingga 16:30. Waktu Standar Tengah.

webLoaded = "false"

Pertanyaan Umum Mengenai Catatan Digital

  • Perangkat lunak Post-it® Digital Note kompatibel dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7 (versi 32 dan 64-bit).

  • Anda dapat mengunduh pembaruan teranyar dari laman pembaruan kami:

    http://www.3m.com/digitalnotes


    Perlu diketahui, jika Anda merupakan pengguna Post-it® Software Note versi 3.1 (atau lebih awal) atau Post-it® Digital Note versi 4.1 (atau lebih awal), peningkatan ini berbayar. Anda dapat menjajal versi baru ini secara gratis selama 30 hari. Setelah periode uji coba selama 30 hari ini berakhir, Anda akan diminta membeli produknya.

  • Ya. Anda dapat memasang versi Uji Coba pada komputer sebanyak yang Anda inginkan. Versi uji coba berlaku selama 30 hari. Setelah periode uji coba selama tiga puluh (30) hari berakhir, setiap komputer dengan perangkat lunak Post-it® Digital Note tersebut perlu membeli perangkat lunak tersebut agar dapat terus menggunakannya. Post-it® Digital Note dapat dibeli melalui tautan berikuthttp://www.3m.com/digitalnotes.

  • Ya, klik tombol Desktop Dispenser dan pilih Tools. Pada menu yang muncul, pilih Preferences... Kemudian, pilih tab Miscellaneous dan lihat bagian Notepad Display. Apabila Anda hanya memilih area pemberitahuan Taskbar, Desktop Dispenser tidak akan terlihat.

  • Klik tombol Desktop Dispenser dan pilih Tools. Pada menu pop-up, pilih Preferences... Kemudian, dari tab General, hilangkan tanda centang pada gambar Show 'About Post-it Digital Notes' selama terbukanya tampilan checkbox.

  • Hapus pintasan Post-it® Digital Note dari folder StartUp Anda. Klik tombol StartUp pada Taskbar. Pilih Programs, kemudian Startup. Klik kanan pada entri Post-it® Digital Note. Dari menu pop-up, pilih Delete. Pilih Yes ketika muncul kotak dialog Confirm Shortcut Delete. Ingat bahwa Post-it® Digital Note tidak memperingatkan Anda tentang hal ini dan Anda tidak akan menerima Subscription Note jika aplikasi tidak berjalan.

  • Catatan dan memoboard disimpan dalam bentuk berkas PDNDB. Apabila Anda menyimpan informasi penting dalam catatan Anda, Anda disarankan untuk memasukkan PDNDB dalam backup sistem rutin Anda. Windows XP:
    Berkas ini berada di C:\Documents and Settings\\Application Data\3M\PDNotes.

    Windows Vista:
    Berkas ini berada di C:\Users\\AppData\Roaming\3M\PDNotes.

  • "Ya. Klik tombol Desktop Dispenser dan pilih Tools. (Alternatifnya, Anda dapat mengeklik kanan pada ikon catatan berwarna kuning dalam taskbar dan memilih Tools.) Pada menu pop-up, pilih Preferences... Kemudian klik tab Default Note Settings. Pada kotak bertanda Post-it® Digital Note Settings, Anda dapat mengatur tampilan jenis huruf, ukurannya, dan warna catatan yang baru. Selain itu, pengaturan catatan bawaan dapat diubah menggunakan templat catatan. Buatlah templat catatan sesuai dengan jenis huruf dan pengaturan yang Anda sukai, kemudian atur agar templat otomatis menjadi pilihan ketika Anda ingin membuat catatan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pembuatan templat catatan, lihatlah bantuan membuat program tersebut melalui ""Templates""."

  • Terdapat tiga cara membersihkan catatan dari layar desktop Anda: 1) perkecil ukuran catatan Anda, 2) Sembunyikan catatan Anda, atau 3) pindahkan catatan ke Memoboard.


    Perkecil catatan dengan mengeklik dua kali pada tombol Note yang terletak pada pojok kiri atas catatan. Anda juga dapat memilih opsi Minimize dari toolbar Note. Klik tombol catatan di pojok kiri atas catatan untuk menampilkan toolbar Note. Selanjutnya, pilih tab Note dan tombol Minimize Note. Anda dapat mengembalikan tampilan catatan dengan mengeklik dua kali pada catatan yang telah diperkecil. Atau, catatan yang telah diperkecil dapat dikembalikan ke bentuk awal dengan cara mengeklik dua kali pada catatan tersebut dan memilih Restore dari menu pop-up. Sembunyikan semua catatan Anda dalam sekali tekan dengan memilih opsi Hide All Desktop Notes dari tombol Tools pada menu Desktop Dispenser. Catatan tersebut dapat dikembalikan ke bentuk awal dengan mengeklik ikon Desktop Dispenser (sebagaimana untuk catatan baru) atau dengan memilih Restore Desktop Notes dari tombol Tools pada menu Desktop Dispenser.


    Anda juga dapat menyimpan catatan di Memoboard dan menampilkannya kapan pun Anda inginkan.

  • Pastikan Anda telah mencentang "Play sound" di Preferences pada tab Miscellaneous. Temukan Preferences dengan memilih tombol Tools pada menu Desktop Dispenser. Apabila kotak centangnya tidak aktif, artinya pengaturan suara dalam komputer Anda belum terpasang. Anda mungkin perlu memasang kartu suara atau mengaktifkan suara pada sistem Anda. Pastikan Anda memiliki berkas .wav yang siap diputar pada Windows Sounds Control Panel. Anda dapat membuka panel kendali ini melalui sistem operasi Anda atau dengan mengeklik tombol "Select sounds" pada tab Miscellaneous ketika muncul kotak dialog Preferences.

  • Klik dua kali pada area untuk memindahkan catatan (area atas) beberapa kali. (Pertama, ukuran catatan akan menyesuaikan dengan teks; kedua, catatan akan naik sekitar satu baris.)

  • Windows XP: Pertama, keluarlah dari aplikasi tersebut. Kemudian, tujulah Add/Remove Programs Windows pada Control Panel. Pilih Post-it® Digital Notes dan klik tombol Add/Remove. Windows Vista dan Windows 7: Pertama, keluarlah dari aplikasi tersebut. Lalu, buka Windows Programs and Features pada Control Panel. Pilih Post-it® Digital Notes dan klik tombol Uninstall.

  • Setelah mengamati pasar PC dewasa ini dan mendengarkan harapan pengguna komputer mengenai perangkat lunak Post-it®, saat ini kami memilih untuk memperkenalkan produk tersebut melalui sistem operasi Windows®. Kami menyadari pentingnya platform lain dan sedang menjelajahi peluang untuk mengembangkan produk demi semua pelanggan setia Post-it® Note.

  • Ya, terdapat sejumlah cara menambahkan foto ke dalam catatan: Geser dan letakkan gambar dari aplikasi lain ke dalam catatan. Pilih satu catatan dan kemudian tempelkan foto yang telah disalin dari clipboard. Klik tombol Add/Replace Picture dari toolbar Note di Note Properties. Catatan: Anda hanya dapat memasang satu foto pada satu catatan. Foto juga akan selalu ditempatkan di bagian atas catatan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara menempatkan foto ke dalam catatan, lihatlah bantuan membuat program tersebut melalui Pictures in Notes.

  • Ya, klik tombol pada pojok kiri atas catatan untuk menampilkan toolbar Note. Selanjutnya, pilih tab Note. Terakhir, pilih tombol Resize Picture. Pilihan ini akan mengubah foto ke dalam mode ubah ukuran. Geser tanda di sekitar pinggir foto untuk mengubah ukurannya. Untuk keluar dari mode ubah ukuran, klik tombol Resize Picture pada toolbar Note. Alternatifnya, masuklah ke mode ubah ukuran dengan mengeklik kanan pada foto. Dari menu pop-up, pilih Resize. Untuk keluar dari mode ubah ukuran, klik kanan pada foto dan pilih Resize sekali lagi.

  • Ya, klik tombol pada pojok kiri atas catatan untuk menampilkan toolbar Note. Selanjutnya, pilih tab Note. Terakhir, pilih tombol Crop Picture. Pilihan ini akan mengubah foto ke dalam mode pemotongan. Geser tanda di sekitar pinggir foto untuk mengubah ukurannya. Untuk keluar dari mode pemotongan, klik tombol Crop Picture pada toolbar Note. Atau, masuklah ke mode pemotongan dengan mengeklik kanan pada foto. Dari menu pop-up, pilih Crop. Untuk keluar dari mode pemotongan, klik kanan pada foto dan pilih Crop sekali lagi.

  • Ya, klik tombol pada pojok kiri atas catatan untuk menampilkan toolbar Note. Kemudian, pilih tab Note dan tombol Rotate Picture. Dari menu pop-up, pilih arah untuk memutar posisi foto Anda. Atau, klik kanan pada foto. Dari menu pop-up, pilih Rotate dan kemudian ikuti arah untuk memutar posisi foto Anda.

webLoaded = "false"

Pertanyaan Seputar Memoboard

webLoaded = "false"

Questions about Note Subscriptions

  • Masuk ke tab Subscription pada kotak dialog Preferences. Pilih situs yang ingin Anda ketahui dan klik tombol Subscription Info. Tombol "Check for notes now" akan berupaya menghasilkan catatan bagi Anda; jika server tidak tersedia, Anda akan menerima pesan kesalahan.

  • Klik tombol Desktop Dispenser dan pilih Tools. Pada menu pop-up, pilih Preferences... kemudian pilih tab Subscription. Sorot laman web langganan yang ingin Anda hapus dan klik tombol Remove Subscription.

  • Apabila Anda menggunakan server proxy untuk mengakses Internet, Anda harus memasukkan alamat dan pengenal server dalam tab Subscription pada kotak dialog Preferences. (Apabila peramban bawaan Anda adalah Internet Explorer, pilih "Always use proxy settings" dari Internet Explorer. Pada kebanyakan kasus, ini akan membantu Anda menemukan pengaturan yang benar.) Verifikasikan konfigurasi Anda dengan mengeklik tombol Test Settings. Bertanyalah kepada administrator jaringan Anda untuk mengetahui pengaturan yang benar.

webLoaded = "false"

Pertanyaan Seputar Note Subscription

FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
Follow Post-it® Brand
Post-it Brand is a trademark of 3M.
Change Location
Indonesia - Bahasa Indonesia