HISTORY TIMELINE

Post-it® Note notes

For over 40 years, the Post-it® Brand has helped people be more productive, communicate better and express themselves in a number of creative ways.
  • Terlepas dari produknya yang kini mendunia, kisah awal produk ini sungguh jauh berbeda. Fenomena Canary Yellow yang terjadi beberapa waktu silam mengingatkan kami akan pelajaran yang begitu berharga: ketika berbicara tentang menghidupkan gagasan, kerja keras memegang peranan yang sama pentingnya dengan inspirasi.

HERE'S HOW IT ALL BEGAN:

  • Dari Penemuan...

    Dr. Spencer Silver, seorang ilmuwan 3M, tengah sibuk meneliti bahan perekat di laboratorium. Dalam proses penelitiannya, ia menemukan sesuatu yang ganjil: sebuah perekat yang mampu merekat di permukaan, namun tidak menempel terlampau kuat.
    "Ini adalah bagian dari pekerjaan saya sebagai peneliti untuk mengembangkan jenis perekat baru, dan

Saat itu, kami ingin mengembangkan perekat yang lebih besar, kuat, dan tangguh," terang Silver. "Perekat ini bukanlah jenis yang kami inginkan.

  • Silver menemukan suatu zat bernama mikrosfer yang memiliki daya rekat, namun dengan "karakteristik dapat dilepas," sehingga dapat dikelupas dengan mudah setelah ditempelkan pada suatu permukaan.

  • Menyebarkan Ajaran

    Selama bertahun-tahun, Silver berjuang keras demi mencari kegunaan penemuannya. Namun demikian, ia tidak pernah menggembar-gemborkan manfaat hasil temuannya kepada rekan kerjanya.

    "Saya dikenal sebagai Tuan Gigih karena saya tidak pernah menyerah.”

    Pada sisi lain, Art Fry yang merupakan ilmuwan lain 3M, merasa frustrasi. Setiap Rabu malam saat berlatih bersama paduan suara gereja, ia menggunakan potongan kertas kecil untuk menandai nyanyian pujian yang akan dinyanyikan pada pelayanan selanjutnya. Pada hari Minggu, potongan kertas ini kerap terjatuh dari buku nyanyiannya.
    Ia memerlukan penanda yang menempel di kertas tanpa merusak halamannya.

  • ...Menuju Eureka!

    "Teringat akan seminar Silver mengenai mikrosfer yang ia datangi, kini Fry mengalami hal yang dinamakan momen eureka. “Sesuatu yang memacu adrenalin Anda."" 1
    Fry bekerja sama dengan Silver untuk mulai mengembangkan sebuah produk. Saat menuliskan pesan di catatan baru untuk berkomunikasi dengan seluruh staf kantor, mereka menyadari besarnya potensi gagasan ini."

Saya rasa, yang kita miliki bukanlah sekadar penanda," ujar Fry. "Inilah cara baru dalam berkomunikasi.

  • Cobalah, Anda Pasti Menyukainya

    Fry memutuskan untuk menjadikan kantor pusat perusahaan 3M sebagai area pengujian.

Fry memberikan catatan berperekat baru kepada seluruh staf perusahaan. Para karyawan menyukainya.

  • Awalnya, 3M meluncurkan produk berjuluk Press 'n Peel di empat kota dengan hasil yang beragam.

  • The Boise Blitz

    Para pemasar memutuskan untuk langsung menawarkan produk ini ke tangan konsumen. Upaya pemberian sampel besar-besaran — dikenal sebagai Boise Blitz karena peluncurannya yang dilakukan di Boise, Idaho — menuai kesuksesan besar. Sembilan puluh persen orang yang mencoba produk ini mengatakan bahwa mereka akan membelinya.

1980 hingga 1986

  • Lahirnya sebuah Bintang

    Catatan-catatan ini menyebar "layaknya virus," ujar Fry. "Produk ini seolah mengiklankan dirinya sendiri, karena pelanggan kerap menempelkannya pada dokumen yang mereka kirim. Hal inilah yang kemudian menggugah rasa ingin tahu penerimanya. Mereka akan melihat, mengambil, dan memainkannya, kemudian pergi membelinya sendiri."

    Silver mengungkapkan bahwa seperti inovasi baru lainnya, tak banyak orang yang berpikir bahwa produk ini sangat dibutuhkan hingga mereka menyadarinya manfaatnya.

  • Si Kuning Yang Mulai Disanjung

    Pada 6 April, produk bermanfaat karya Silver dan Fry ini memulai debutnya di toko-toko AS sebagai Post-it® Note.

Canary Yellow yang kini menjadi warna ikonis produk ini dipilih tanpa sengaja — laboratorium terdekat hanya memiliki secarik kertas berwarna kuning.

  • Lee Iacocca dan CEO Fortune 500 lainnya mengungkapkan kekaguman mereka akan produk ini. Post-it® Note diperkenalkan di Kanada dan Eropa.

  • Menyoroti Kehebatannya

    Fry mendapatkan kehormatan untuk menduduki jabatan teknis tertinggi di perusahaan, yakni sebagai peneliti perusahaan. "Penghargaan terbesar bagi saya," lanjutnya, "adalah melihat banyak orang yang menggunakan dan mengapresiasi produk saya." Post-it® Flag diperkenalkan sebagai cara baru untuk mengatur pengodean, pengisian, dan pengindeksan dengan warna.

1987 hingga 1996

webLoaded = "false" Loadclientside=No

Daya Tahan

Post-it® Note merayakan hari jadinya yang ke-10 dan muncul dalam berbagai daftar produk terbaik pilihan konsumen di sepanjang dekade.

  • Post-it® Easel Pad juga diperkenalkan. Sejak saat itu, kegiatan sumbang saran menjadi benar-benar berbeda.

    Setelah mengiringi perjalanan perusahaan selama 28 tahun, Spencer Silver, salah satu pendiri Post-it® Note, pensiun dari 3M dan meninggalkan lebih dari 22 produk yang dipatenkan dengan namanya.

    Baik Silver maupun Fry merampungkan perjalanan karier mereka di 3M dengan memenangkan penghormatan tertinggi dalam penelitian serta berbagai penghargaan dalam kancah teknik internasional

1997 hingga 2003

  • Post-it® Merambah Hollywood

    Pemeran utama dalam Romy and Michele’s High School Reunion mengatakan bahwa Post-it® Note telah ditemukan sejak kelulusan mereka.

Penelitian di tempat kerja menunjukkan bahwa tenaga profesional rata-rata menerima 11 pesan di Post-it® Note setiap harinya.

  • Post-it® Note dijual di lebih dari 100 negara. Bahan perekat Post-it® yang tersohor kini terus digunakan pada berbagai produk 3M.

  • Situasi yang Membutuhkan Perekat

    Post-it® Super Sticky Note diperkenalkan dengan perekat yang lebih kuat dan merekat lebih baik pada permukaan vertikal maupun bertekstur.

    Dalam sebuah episode Sex in the City, kekasih Carrie memutuskan hubungan mereka melalui Post-it® Note.

    Setelah diperkenalkan, Post-it® Flag Highlighter menerima pujian dari para siswa karena mampu menghadirkan stabilo sekaligus dispenser Post-it® Flag dalam satu produk.

2004 hingga Sekarang

  • Melangkah Bersama Anda

    Post-it® Note merayakan hari jadinya yang ke-25.
    Pada musim akhir Grey's Anatomy, Meredith Grey dan Derek Shepherd menuliskan sumpah pernikahan mereka pada Post-it® Note.
    Post-it® Super Sticky Full Adhesive Note diperkenalkan. Kini, semua orang yang lebih senang menggunakan Post-it® Note saat bepergian dapat memasangnya pada notebook maupun laptop. Dengan cara ini, potongan catatan akan selalu berada dalam jangkauan Anda.

  • Membesarkan Namanya

    Presenter talk show Oprah Winfrey menyebutkan Post-it® Flag Highlighter dalam episode “Face Behind the Name”. Product Designer 3M, David Windorski, hadir pada akhir acara.

Seluruh Post-it® Super Sticky Note kini dibuat dengan perekat berbasis nabati (perekat 67% berbasis nabati).

  • Post-it® bekerja sama dengan Evernote, aplikasi pencatat penataan. Selain menciptakan penanda otomatis (auto-tag), pengingat, dan buku catatan, kini Anda dapat memotret, menyimpan, serta membagikan Post-it® Note menggunakan kamera ponsel pintar. Dengan Evernote, Post-it® Note Anda akan selalu berada dalam genggaman – buat versi digital, kategorikan, dan susun sesuai keinginan Anda.

  • Seluruh Dunia Menggunakan Catatan

    "Post-it® Note kini tersedia di lebih dari 150 negara. Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 4.000 Produk Post-it®.
    Silver merasa sangat terkesan saat menyaksikan Post-it® Note yang menjadi bagian dalam film, seni pop mosaik, dan kebutuhan harian bagi jutaan jiwa. “Fakta bahwa produk Post-it® Note meledak di pasaran benar-benar melebihi harapan saya."

  • Edisi online CNN 1. Kamis, 4 April 2013

    Evernote adalah merek dagang Evernote Corporation 3M, sedangkan Post-it dan warna Canary Yellow adalah merek dagang 3M. © 3M 2014

FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
Follow Post-it® Brand
Post-it Brand is a trademark of 3M.
Change Location
Indonesia - Bahasa Indonesia