1. Mengajari si kecil menabung: Membuat bagan anggaran dengan Post-it® Notes
Mengajari si kecil menabung

Mengajari si kecil menabung: Membuat bagan anggaran dengan Post-it® Notes

Mengajarkan arti uang kepada si kecil sangatlah penting untuk memastikan mereka siap menjalani hidup secara mandiri. Untuk anak-anak yang lebih kecil, memahami bahwa pembelian dalam jumlah besar membutuhkan penghematan adalah salah satu pelajaran terbaik untuk mereka. Cara mudah untuk menunjukkan kepada mereka sistem kerja tabungan adalah dengan membuat bagan yang memantau kemajuan mereka menuju target tabungan.


  • Beginilah cara melakukannya:

    Beginilah cara melakukannya

     

    Pertama, biarkan anak Anda menetapkan target tabungannya – mainan, game, atau barang mahal yang diidamkannya namun tidak dapat dibelinya dengan uang saku mingguan yang biasanya. Sebaiknya Anda memilih sesuatu yang untuk membelinya butuh waktu beberapa bulan sehingga dia dapat melihat upah dari kedisiplinan seiring berlalunya waktu.

     

    Begitu target ditetapkan, mintalah mereka menulis atau menggambar target tersebut di sudut bawah papan poster atau kertas kriya besar.

  • Tuliskan total harga barang yang menjadi target di bawah gambar atau label. Bagilah ruang yang tersisa pada kertas kriya menjadi satuan-satuan dan berikan label yang sesuai. (Misalnya, untuk headphone seharga $60, gunakan satuan sepuluh dolar sebanyak enam kali.) Tandai sebanyak-banyaknya kotak yang Anda butuhkan dalam tiap bagian untuk angka dolar yang perlu mereka cantumkan dalam bagian tersebut. (Sepuluh kotak dalam tiap bagian, dengan menggunakan contoh headphone.)

    Tuliskan total harga barang yang menjadi target di bawah gambar atau label

  • Gantung papan poster atau kertas pada dinding di tempat yang dapat dijangkau si kecil dan letakkan toples atau celengan dan 2 x 2 Post-it® Sticky Notes di depannya.

    Gantung papan poster

  • Setiap kali anak Anda menabung, mintalah dia meletakkan 2 x 2 Post-it® Note pada salah satu kotak dalam bagian bagan yang sesuai. Ketika bagan tersebut terisi penuh, rayakan keberhasilan si kecil dengan mengajaknya ke toko untuk membeli barang yang diinginkannya. Bagan yang terisi penuh juga dapat menjadi alat bantu visual yang ampuh untuk membahas lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menabung sekian banyak uang dan apakah menurut si kecil barang idamannya sepadan dengan penantian tersebut.

    Bagan yang terisi penuh juga dapat menjadi alat bantu visual yang ampuh untuk membahas lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menabung sekian banyak uang

  • Penggunaan bagan anggaran seperti ini memudahkan anak Anda memahami pentingnya tabungan seiring berlalunya waktu, serta mengajarinya kesabaran dan nilai uang yang sesungguhnya.

produktivitas anggaran kiat uang anak-anak catatan super_sticky_notes

Label:
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia