1. Mengajarkan penataan kepada anak-anak: Mulailah dengan apa yang mereka sukai
Mengajarkan penataan kepada anak-anak: Mulailah dengan apa yang mereka sukai
webLoaded = "false" Loadclientside=No

Mengajarkan penataan kepada anak-anak: Mulailah dengan apa yang mereka sukai

Bantulah anak-anak mempelajari keterampilan penataan dengan mengajarkan dasar-dasarnya melalui kegiatan ekstrakurikuler mereka.


  • Keterampilan penataan dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak. Di sekolah, penataan sangatlah dibutuhkan untuk memenuhi tenggat pekerjaan rumah, proyek, dan jadwal belajar. Namun penataan itu sendiri mungkin dirasa memberatkan oleh banyak anak. Itulah sebabnya akan sangat berguna jika Anda mengajarkan keterampilan penataan kepada anak Anda dengan mengawalinya dari hobi dan kegiatan ekstrakurikuler mereka. Dengan belajar menata sesuatu yang mereka sukai, anak-anak dapat memupuk kebiasaan baik yang dapat diterapkan kemudian di sekolah, tempat kerja, dan kehidupan secara umum.

     

    Ada tiga kebutuhan penataan yang dimiliki oleh hampir semua aktivitas anak-anak, baik itu olahraga, kesenian, atau kegiatan berbau teknologi: penjadwalan, bahan, dan praktik. Dengan cara inilah Anda dapat mengajarkan penataan melalui tiap-tiap kebutuhan.

     

  • Penjadwalan

    rang tua biasanya memastikan anak-anak datang tepat waktu, namun bukan berarti sebagian dari tanggung jawab tersebut tidak dapat dibebankan kepada anak-anak. Tergantung pada usia anak, mereka setidaknya dapat berkontribusi dalam hal jadwal, misalnya dengan tindakan yang sederhana seperti menandai pelajaran atau praktik berikutnya pada kalender keluarga dengan Post-it® Sticky Noterang tua biasanya memastikan anak-anak datang tepat waktu, namun bukan berarti sebagian dari tanggung jawab tersebut tidak dapat dibebankan kepada anak-anak. Tergantung pada usia anak, mereka setidaknya dapat berkontribusi dalam hal jadwal, misalnya dengan tindakan yang sederhana seperti menandai pelajaran atau praktik berikutnya pada kalender keluarga dengan

    Penjadwalan

  • Bahan

    Hampir semua kegiatan anak-anak membutuhkan bahan – peralatan olahraga (terkadang banyak!), perlengkapan seni, lembar partitur, kostum atau seragam, dan masih banyak lagi. Menyerahi anak-anak tanggung jawab sejak dini atas peralatan mereka sendiri adalah cara yang baik untuk mengajarkan kepada mereka bahwa penataan memiliki dampak yang besar. Untuk anak kecil, Anda dapat menanyakan hal yang mereka butuhkan untuk praktik dan membuat daftar centang pada Post-it® Note sehingga mereka dapat menandainya begitu tas atau ransel mereka siap. Untuk anak yang lebih besar, Anda dapat meminta mereka mencuci pakaian sendiri, mengemas tas sendiri, dan menuju mobil pada waktu yang tepat.

    Bahan

  • Praktik

    Banyak kegiatan ekstrakurikuler, terutama kesenian, membutuhkan banyak praktik, pembelajaran, dan penghafalan mandiri. Cara yang baik agar si kecil dapat menangani pengaturan informasi sebanyak ini adalah dengan penggunaan kode warna atau penerimaan berdasarkan prioritas. Meski kedengarannya rumit, hal ini sebetulnya sangat sederhana – mintalah anak-anak menambahkan Post-it® Flags warna favorit mereka ke hal dengan prioritas tertinggi (musik untuk pelajaran berikutnya, halaman dari pedoman olahraga, atau halaman berikut dari naskah yang harus dia pelajari). Anak-anak yang lebih besar dapat menambahkan lapisan lain pengodean warna untuk menunjukkan prioritas kedua dan ketiga, serta memecah hal-hal rumit menjadi beberapa bagian untuk menyekat area konsentrasi dengan lebih baik.

    Praktik

  • Langkah-langkah sederhana seperti ini dapat turut menanamkan kebiasaan penataan dalam diri anak-anak sebelum mereka mulai mempelajari secara formal arti dari menguraikan, mengarsipkan, atau menepati kalender. Dan kemungkinan besar mereka akan lebih siap untuk mengemban tanggung jawab dan menyelesaikan semuanya ketika harus memantau kemajuan rencana yang sangat penting.

produktivitas anak-anak penataan_rumah jadwal bendera catatan

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia