1. Simple budget tips: How to keep your money on track with Post-it® Notes
Simple budget tips: How to keep your money on track with Post-it® Notes

Kiat anggaran sederhana: Cara mengendalikan pengeluaran dengan Post-it® Note

Menyusun anggaran adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan, namun Anda tidak pernah benar-benar menyempatkan diri untuk menyelesaikannya. Sejumlah lembar kerja dan aplikasi yang rumit selalu membayangi Anda, ibarat proyek besar yang membebani Anda dengan beragam perincian. Namun, jika Anda bertekad untuk menuntaskannya, berpikir sederhana dapat membantu. Lagi pula, jika rencana Anda terlampau rumit, Anda cenderung akan menyerah – atau bahkan tidak pernah memulainya. Untuk meluncurkan penyusunan anggaran tanpa merasa kewalahan, cobalah kiat kilat berikut ini. Anda akan siap mengelola keuangan Anda dengan lebih baik dalam waktu singkat.


  • Pantaulah pengeluaran

    Sebagai langkah pertama, tulis setiap transaksi yang dilakukan saat melakukannya. Anda cenderung akan menekan pengeluaran ketika mengetahui jumlah uang yang harus dibayar. Membuat catatan juga sangat membantu untuk mulai menetapkan tujuan pengeluaran Anda secara nyata. Bawa Post-it® Super Sticky Notes dalam dompet atau saku Anda, dan catat semua pengeluaran Anda. Pada penghujung hari, Anda dapat meletakkan catatan tersebut dalam buku catatan atau mengabadikan foto pada telepon seluler untuk mendokumentasikan pengeluaran jangka panjang Anda.

    Keep track of what you spend

  • Tetapkan tujuan Anda

    Berdasarkan catatan transaksi Anda selama bulan pertama, cari beberapa alokasi anggaran yang dapat ditekan jumlahnya. Anda dapat mengurangi jatah makan siang di luar dalam sepekan, mulai berdiet minuman bersoda, atau mengurangi langganan televisi kabel – apa pun itu, tetapkan tujuan berhemat untuk bulan berikutnya. Catat pada Post-it® Super Sticky Note dan simpanlah dalam buku catatan anggaran atau tempelkan pada layar komputer ataupun kalender Anda, sehingga Anda tidak mungkin melupakannya.

    Set your goals

     

  • Dapatkan motivasi

    Anda harus memiliki alasan untuk tujuan berhemat Anda – misalnya melunasi sejumlah pinjaman, menabung uang muka rumah, atau merencanakan perjalanan liburan yang menakjubkan. Apa pun tujuan Anda, catat (atau gambar) pada Post-it® Super Sticky Note, serta letakkan di tempat yang dapat mengingatkan Anda agar tidak boros: dalam dompet atau tas tangan, pada dasbor, ataupun di atas meja kerja.

    Get some motivation

  • Beri hadiah kepada diri sendiri (dengan murah!)

    Beri hadiah kepada diri sendiri saat Anda berhasil mencapai salah satu tujuan berhemat bulan ini. Pilih hidangan murah pada awal bulan, dan gunakan keberhasilan Anda sebagai alasan merayakannya. Mungkin Anda dapat menyantap setengah liter es krim, menyewa film, atau mereguk sebotol anggur – pastikan Anda benar-benar menikmati apa pun yang Anda lakukan tanpa harus merusak tujuan berhemat Anda. Tempelkan Post-it® Super Sticky Note pada hari terakhir bulan kalender Anda dengan hadiah yang Anda tulis untuk mengingatkan Anda mengenai harapan berhemat Anda.

    Reward yourself (cheaply!)

  • Pengingat sederhana dan hadiah merupakan hal baik untuk memulai proyek anggaran Anda, jadi jangan takut memulainya dari hal yang kecil. Bahkan, berani melangkah berarti tujuan Anda telah semakin dekat.

productivity budgets tips money home notes reminder_tag

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia