1. Setting the stage: Creating a STEM-friendly environment
Setting the stage: Creating a STEM-friendly environment

Menata Suasana: Ciptakan lingkungan yang ramah STEM

Ketika berbicara mengenai memahami cara muridnya belajar, Dr. Michele Borba tersohor akan kepiawaiannya dalam meracik gagasan menarik. Telusuri beberapa gagasannya untuk menghadirkan berbagai peluang bagi siswa Anda di sepanjang perjalanan akademis mereka.


  • Kita semua memahami pentingnya pembelajaran STEM — namun, menjejalkan pelajaran tersebut kepada siswa bukanlah taktik yang bijaksana. Inilah sejumlah cara alami untuk memasukkan STEM ke dalam kegiatan harian, mulai di rumah hingga ruang kelas, guna menumbuhkan ketertarikan siswa:

  • 1. Pilih tayangan televisi atau film yang berhubungan dengan STEM untuk membangkitkan ketertarikannya. Contohnya, saksikan “The Theory of Everything” bersama keluarga atau siswa Anda untuk menggabungkan elemen hiburan dan pembelajaran. Tayangan dokumenter dan biografi tidak hanya menarik dan menyenangkan bagi siswa, tetapi juga mendidik serta membantu menanamkan pesan positif tentang STEM.

  • 2. Cari artikel berita tentang ilmuwan atau kisah STEM untuk menunjukkan keterkaitannya dengan “dunia nyata.” Tandai cerita dengan Post-it® Flag letakkan kliping koran di meja dapur agar dapat dibaca selama sarapan atau masukkan ke dalam tas punggung siswa Anda untuk dibaca di dalam bus.

  • 3. Gunakan barang-barang berteknologi dan gadget secara positif, seperti menggunakan komputer untuk meneliti berita, telepon untuk permainan ilmiah, dll.

  • 4. Jajal teknik pembelajaran berdasarkan pengalaman, seperti mengunjungi museum atau melibatkan siswa dalam kegiatan robotika. Untuk siswa yang lebih muda, biarkan mereka bermain dengan baterai, balok susun, sisa gulungan tisu toilet, dan benda lainnya demi menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatifnya dengan menyusun berbagai benda sendiri.

  • 5. Ciptakan lingkungan kolaboratif bagi siswa, terutama di area tempat belajar dan mengerjakan PR untuk mengenalkan manfaat edukatifnya kepada mereka. Cobalah menggunakan kertas atau Post-it® Note berukuran besar untuk memetakan proyek kelompok dengan teman atau teman kelas, serta untuk menguraikan soal yang rumit.


  • Michele Borba

    Michael Borba, Ed.D adalah seorang pendidik kondang di seluruh dunia, pengisi TODAY Show, dan ahli pendidikan keorangtuaan yang dikenal berkat strategi berbasis solusinya untuk menguatkan karakter anak serta mengurangi kenakalan di antara teman sebaya. 

    Untuk mengetahui lebih lanjut tentangnya, kunjungi www.micheleborba.com atau ikuti twitternya @micheleborba.

belajar anak-anak stem orang_tua tips dr_borba flags big_pads dry_erase_surface

TAGS


    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia