1. Origami how to: Make a subway train with just one Post-it® Note
Origami how to: Make a subway train with just one Post-it® Note

Cara membuat origami: Buat kereta bawah tanah hanya dengan selembar Post-it® Note

Gunakan Post-it® Note untuk membuat kereta bawah tanah dengan gagasan cemerlang dari Jenny W. Chan ini.


  • Sang seniman origami, Jenny W. Chan, menafsirkan pemandangan dan keramaian New York City ke dalam miniatur dunia kertas lipat menggunakan inspirasi dari Post-it® Notes. Dia menciptakan satu rancangan origami orisinal untuk setiap warna dalam koleksi ini, termasuk taksi, lampu jalan, rambu jalan searah, serta payung gerai kaki lima.
    Untuk rancangan ini, Anda akan menggunakan setengah lembar Post-it® Super Sticky Note guna membuat setengah bagian depan kereta bawah tanah, kemudian setengah lembar kedua untuk membuat bagian belakangnya. Mulailah dengan menyaksikan video atau mengikuti instruksi tertulis di bawah ini.

  • Petunjuk langkah

  • Yang Anda perlukan:

  • Potong Post-it® Note menjadi dua

     

    Setengah bagian pertama akan menjadi bagian depan keretanya

     

     

     

    Satu lapis, sekali kerja

     

    Naiklah, segitiga

     

     

     

    Bergerak maju

     

     

     

    segitiga-segitiga kecil yang telah Anda buat menjadi setengah ukuran.

     

     

     

     

     

    Front car details

     

    Langkah selanjutnya: Roda kereta bawah tanah

     

    1. Lipat Post-it® Super Sticky Note menjadi dua secara horizontal, dengan perekatnya menghadap ke luar. Setelah melipatnya, perekat seharusnya terdapat pada kedua sisinya. Kemudian, buka lipatan dan potong menjadi dua pada lipatan yang baru dibuat.

    2. Ambil setengah lembar pertama Post-it® Super Sticky Note, lalu peganglah sehingga bagian perekatnya berada di sebelah kiri dan menghadap ke arah Anda. Angkat bagian perekat ke arah Anda dan lipat hingga terbentuk lipatan pada tepi perekat. Lalu, ulangi langkah yang sama pada sisi kanan. Lipat sisi kanan sebesar lipatan pada sisi kiri.

    3. Kemudian, lipat seluruh origami menjadi dua bagian horizontal, dengan penutup yang telah Anda buat tetap berada dalam posisi vertikal di bagian luar.
      Satu lapis, sekali kerja

    4. Tahan unit tersebut hingga Anda dapat melihat dua lapisan, yakni atas dan bawah. Lipat tepi lapisan atas dengan ukuran sekitar setengah cm (tidak harus persis mengikuti ukuran tersebut). Kemudian, balik origami dan lakukan langkah yang sama pada sisi lainnya; lipat bagian tepi kertas dengan ukuran sekitar setengah cm. Penutup kecil akan terbentuk di tepi bawah setiap sisi origami tersebut.

    5. Buka lipatan salah satu penutup dan pipihkan sudut kirinya hingga membentuk segitiga. Kemudian, pipihkan sudut kanan penutup hingga membentuk segitiga pada sebelah kanan.

    6. Balik kereta tersebut dan lakukan langkah yang sama pada sisi lainnya, yakni membentuk segitiga di bagian kanan dan kiri.

    7. Sekarang, buka lipatan horizontal yang telah Anda buat pada origami dalam langkah 3. Pegang origami dengan mengarahkan ketiga lipatan horizontal ke hadapan Anda. Lipat tepi atas origami menghadap ke arah Anda dan ke bawah, dengan melipat mengikuti garis lipatan horizontal yang paling dekat dengan bagian atas. Tindakan ini akan melipat segitiga-segitiga kecil yang telah Anda buat menjadi setengah ukuran.

    8. Ulangi langkah yang sama pada bagian bawah; lipat bagian tepinya dari bawah ke atas, dengan melipatnya mengikuti garis lipatan horizontal yang paling dekat dengan bagian bawah.

    9. Putar origami, dan Anda akan melihat empat penutup kecil yang berada di setiap sudutnya. Buka lipatan masing-masing penutup kecil tersebut.

    10. Lipat kereta menjadi setengah mengikuti lipatan horizontal yang telah Anda buat pada langkah 3. Tepi bawah dan atas yang Anda lipat pada langkah 8 harus menghadap ke dalam.

    11. Lipat sedikit sudut kertas persegi dari keempat roda kereta tersebut hingga roda tampak melengkung.

    12. Untuk membuat bagian depan kereta, buat ceruk kecil di bagian sudut kiri atas kereta dengan melipat sedikit bagian sudut kertas ke bawah. Buka lipatan. Kemudian, putar kereta ke samping, dorong sudut tersebut ke dalam mengikuti lipatan yang baru saja Anda buat, lalu pipihkan. Gerbong depan telah selesai!

    13. Ulangi seluruh langkah di atas untuk membuat bagian kedua dengan Post-it® Super Sticky Note. Alih-alih membuat ceruk pada sisi kiri, buatlah pada sisi kanan. Anda pun siap menghias!

kreativitas origami jenny_w_chan super_sticky_notes

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia