1. Origami how to: Make a street lamp with just one Post-it® Note
Origami how to: Make a street lamp with just one Post-it® Note

Cara membuat origami: Buat lampu jalan hanya dengan selembar Post-it® Note

Gunakan Post-it® Note untuk membuat origami lampu jalan dengan gagasan cemerlang dari Jenny W. Chan ini.


  • Sang seniman origami, Jenny W. Chan, menafsirkan pemandangan dan keramaian New York City ke dalam miniatur dunia kertas lipat menggunakan inspirasi dari Post-it® Notes. Dia menciptakan satu rancangan origami orisinal untuk setiap warna dalam koleksi ini, termasuk taksi, rambu jalan searah, kereta bawah tanah, serta payung gerai kaki lima.

    Untuk membuat lampu jalan, Anda hanya memerlukan setengah Post-it® Super Sticky Note guna membuat dasarnya, kemudian gunakan sisanya untuk membuat bagian atasnya. Mulailah dengan menyaksikan video atau mengikuti instruksi tertulis di bawah ini.

  • Petunjuk langkah

  • Yang Anda perlukan:

    1 –
    Sebuah gunting

  • Lebih baik memiliki dua potongan daripada satu saja

    1. Lipat Post-it® Super Sticky Note menjadi dua dengan bagian perekat menghadap ke luar. Buka lipatan. Potong di sepanjang lipatan agar Anda memiliki dua bagian kertas.
  • Kemudian, buat dasar lampu menggunakan setengah lembar pertama

    1. Ambil setengah lembar Post-it® Super Sticky Note, lalu peganglah sehingga perekatnya berada di bawah dan menghadap ke arah Anda. Lipat bagian atas catatan ke arah Anda dan beri jarak sebesar 1 cm, kemudian buat lipatan. Ukurannya tidak harus sama persis. Lipatan yang baru Anda buat akan menjadi bagian atas lampu. Lipat bagian atas ke belakang menjauhi Anda, lalu lipat ke bawah sekitar ½ cm untuk membuat lipatan kedua. Sekarang, akan terbentuk lipatan zigzag saat dilihat dari samping.
    2. Balik unit, sehingga bagian perekatnya berada di sebelah kanan dan menghadap ke arah Anda. Kemudian, lipat bagian bawah catatan sebesar ½ cm. Selagi Anda melakukannya, akan mulai terlihat bentuk segitiga pada sisi kiri. Pipihkan bentuk tersebut dengan tangan kiri Anda agar terbentuk segitiga sempurna. Lakukan hal yang sama dengan bagian atasnya. Lipat ½ cm bagian atas catatan ke bawah dan pipihkan, sehingga terbentuk segitiga pada sisi kirinya.
  • Lebih banyak lipatan zigzag dan bentuk segitiga

    1. Sekarang, putar rancangan Anda, sehingga segitiganya membelakangi Anda dan dasar lampunya berada di bawah. Lalu, buat lipatan zigzag dengan melipat tiang lampu ke bawah dan menjauhi Anda. Buat lipatan yang berjarak ½ cm dari dasar lampu. Kemudian, lipat tiang kembali dengan jarak yang sama, yakni sekitar ½ cm.
    2. Balik unit kembali, sehingga bagian perekatnya berada di sisi kanan dan menghadap ke arah Anda. Ulangi langkah 3 dengan melipat kembali bagian bawah catatan sekitar ½ cm dan pipihkan bentuk segitiga yang mulai terbentuk pada sisi kirinya. Kemudian, ulangi kembali pada bagian atas.
    3. Sekarang, dasar lampunya mulai terbentuk! Haluskan sudut dasar lampu dengan melipat sedikit keempat sudutnya ke belakang.
  • Mulailah membuat bagian atas lampu dengan sisa catatan yang ada

    1. Ambil setengah bagian kedua Post-it® Super Sticky Note. Dengan bagian perekat berada di atas dan membelakangi Anda, buat lipatan sebesar 4-1/2 cm dari bagian bawah (tidak harus sama persis), sehingga bagian atas akan terlipat ke belakang serta ke bawah. Kemudian, buat lipatan zigzag dengan melipat bagian belakang lembaran ke atas serta buat lipatan dengan memberi jarak di antara bagian atas lembaran dan lipatan pertama sebesar 1 cm.
    2. Sekarang, balik unit sehingga bagian perekat berada di sebelah kanan dan menghadap ke arah Anda, kemudian ulangi langkah 3. Lipat bagian bawah catatan dan selagi Anda melakukannya, pipihkan bentuk segitiga yang mulai terbentuk pada sebelah kiri. Lakukan hal yang sama pada bagian atas. Jangan khawatir jika penutup atas dan bawahnya tumpang tindih.
  • Hubungkan dasar dan bagian atas lampu

    1. Buka penutup atas dan bawah. Anda akan menggunakan perekat di balik penutup untuk menghubungkan bagian dasar dengan bagian atas lampu. Ambil setengah bagian pertama dan letakkan tiang lampu di tengah perekat, tekan, lalu tutup kembali penutupnya.
  • Selesaikan bagian atas lampu

    1. Balik lampu ke sisi depan, dan sekarang Anda akan melihat bentuk persegi pada bagian atasnya. Lipat sudut kiri bawah dari persegi tersebut dengan lipatan miring. Lakukan hal yang sama dengan sudut kanan bawahnya. Cobalah melipat sisinya sehingga semuanya sebangun, namun ingatlah bahwa origami ini tidak harus sama persis.
    2. Lipat sudut kiri atas dengan lipatan miring, lalu lakukan hal yang sama dengan sudut kanan atasnya.
    3. Bagian teratas lampu akan menjadi pipih. Lipat sedikit bagian atas dengan jarak kurang dari 1 cm. Kemudian, buat lipatan zigzag dengan melipatnya ke atas, sehingga lipatannya akan sedikit menonjol dari bagian atas. Sekarang, lampu Anda telah selesai!
kreativitas origami jenny_w_chan super_sticky_notes

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia