1. Origami how-to: Make a one-way arrow street sign with Post-it® Notes
Origami how-to: Make a one-way arrow street sign with Post-it® Notes
webLoaded = "false" Loadclientside=No

Cara membuat origami: Membuat penunjuk jalan satu arah dengan Post-it® Note

Gunakan Post-it® Note untuk membuat panah rambu jalan dengan gagasan cemerlang dari Jenny W. Chan ini.


  • Sang seniman origami, Jenny W. Chan, menafsirkan pemandangan dan keramaian New York City ke dalam miniatur dunia kertas lipat menggunakan inspirasi dari Post-it® Notes. Dia menciptakan satu rancangan origami orisinal untuk setiap warna dalam koleksi ini, termasuk taksi, lampu jalan, kereta bawah tanah, serta payung gerai kaki lima.

    Rambu jalan searah ini sangat mudah dipelajari. Langkahnya lebih sedikit daripada rancangan lainnya, namun sejumlah lipatan menariknya mempercantik dan menambah keseruan origami ini! Mulailah dengan menyaksikan video atau mengikuti instruksi tertulis di bawah ini.

  • Petunjuk langkah

  • Yang Anda perlukan:

    1 – 3" x 3" Post-it® Super Sticky Note 
    Sebuah gunting 
    1 spidol atau alat tulis lain

  • Satu Post-it® Note dapat menjadi dua anak panah

    1. Lipat Post-it® Super Sticky Note secara horizontal menjadi dua dengan perekatnya menghadap ke luar. Setelah melipatnya, perekat seharusnya terdapat pada kedua sisinya. Kemudian, buka lipatan dan potong menjadi dua pada lipatan yang baru dibuat.
  • Tampilannya akan serupa dengan sebatang permen karet

    1. Ambil setengah bagian pertama Post-it® Super Sticky Note dan lipat memanjang menjadi dua, sehingga terdapat lipatan horizontal baru. Perekatnya harus menghadap ke dalam. Kemudian, buka lipatannya.

    2. Dengan bagian perekatnya berada di sebelah kiri dan menghadap ke arah Anda, lipat tepi bawah catatan agar bertemu dengan lipatan di tengah yang baru Anda buat. Kemudian, lakukan hal yang sama dengan bagian tepi atas, sehingga tepinya bertemu dengan lipatan di tengah.

    3. Sekarang, origami Anda akan berbentuk persegi panjang yang tampak seperti sebatang permen karet. Lipat persegi panjang tersebut menjadi dua (dengan penutup yang Anda buat pada langkah 3 menghadap ke dalam), sehingga hasilnya akan tampak seperti setengah permen karet. Kemudian, buka lipatannya.

  • Tunggu sebentar ... Bagaimana saya melakukannya?

    1. Bagian ini cukup rumit. Perekatnya harus berada di sebelah kiri. Angkat sisi kanan penutup atas dan arahkan tepi bawah penutup ke lipatan vertikal pada bagian tengah origami. Selagi Anda melakukannya, bentuk segitiga akan terbentuk di samping lipatan vertikal. Pipihkan garis diagonal segitiga tersebut, sehingga bentuk tersebut dapat menahan sisa penutup agar tetap terbuka. Kemudian, ulangi langkah ini dengan penutup bawah. Sekarang, Anda akan memiliki dua bentuk segitiga di sebelah garis tengah, dan tampilannya harus tampak seperti penutup atas dan bawahnya ditahan oleh segitiga tersebut.

  • Bentuknya akan tampak seperti jamur.

    1. Dengan penutup yang terbuka di sisi kanan dan menghadap ke arah Anda, lipat sisi kanan origami ke kiri, sehingga lipatan yang terbentuk berdekatan dengan sudut kanan kedua segitiga tersebut. Selagi Anda memipihkan lipatannya, Anda akan memipihkan ketiga sisi segitiganya sekaligus. Sekarang, origami ini akan tampak seperti batang jamur dengan bagian puncak.

  • Dengan penutup yang terbuka di sisi kanan dan menghadap ke arah Anda, lipat sisi kanan origami ke kiri, sehingga lipatan yang terbentuk berdekatan den

    1. Pegang origami Anda sehingga bagian atas jamur berada di sebelah kanan. Ambil penutup atas jamur dan bukalah, kemudian lipat ke kanan sejauh yang Anda dapat. Saat Anda melipatnya, lipatan akan berakhir sedikit di sebelah kanan garis tengah.

    2. Lipat sudut kanan bawah hingga ke lipatan tengah dengan bagian atas jamur masih berada di sebelah kanan Anda, kemudian lipat secara diagonal sehingga membentuk segitiga. Kemudian, lakukan hal yang sama dengan sudut kanan atas.

    3. Balikkan anak panah, dan Anda siap menghiasnya!

kreativitas origami jenny_w_chan super_sticky_notes

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia