1. Operation Beautiful:Transforming the way you see yourself
Operation Beautiful:  Transforming the way you  see yourself

Operasi "Saya Memesona": Mengubah cara Anda memandang diri Anda sendiri

Lihat cara selembar Post-it® Note memulai revolusi pesan inspiratif pada Operation Beautiful.


  • Tujuh tahun yang lalu, depresi saya mencapai puncaknya di sebuah toilet umum. Perkataan negatif dan jahat bergema di kepala saat saya memelototi cermin. Kamu bodoh, kamu adalah produk gagal, dan kamu sama sekali tidak berarti! Setelah bertahun-tahun bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada diri sendiri, sikap positif saya runtuh di bawah tekanan jadwal yang menggila.

    Di tengah derai air mata, saya meraih tas saya. Hingga hari ini, saya tidak mengerti alasan yang mendorong saya menuliskan “Kamu cantik!” Post-it® Note – namun saya melakukannya, dan ketika saya menempelkannya di cermin, saya merasa bahwa belenggu yang mengekang hati saya mulai merenggang. Saya adalah pribadi yang cerdas, piawai, lucu, baik hati, dan – ya – cantik, luar dan dalam.

    To this day, I don’t know why I felt compelled to scribble “You are beautiful!” on the Post-it® Note – but I did, and as I stuck it to the mirror, I felt that tight hold on my heart loosen.

  • Saya memotret catatan ini, pulang, dan menulis blog tentang pengalaman saya. Saya meminta orang lain untuk berpartisipasi dan banyak yang mengejutkan saya, mereka melakukannya – ribuan orang. Pengikut TheOperationBeautiful.com menuliskan pesan positif atau kutipan dari Post-it® Note dan meninggalkannya di tempat umum agar ditemukan orang asing. Catatan bertuliskan “Kamu bisa melakukannya!” terpampang di loker sekolah menengah atas sebelum minggu ujian. Pesan tentang kekuatan dan pemberdayaan ditinggalkan di fasilitas perawatan gangguan makan. Catatan acak yang mendorong pandangan positif ini diselipkan pada kotak pesan, buku-buku perpustakaan, majalah di toko buku, dan di kursi bus.

    Random notes encouraging a positive outlook are stuck on mailboxes, on library books, in magazines at bookstores, and on seats on the bus.

  • Sejak meluncurkan OperationBeautiful.com, saya telah menerima foto lebih dari 20.000 catatan, namun saya mengira bahwa ratusan ribu catatan ini benar-benar telah diposting. Saya telah menerima catatan dari seluruh dunia – satu dari setiap benua, termasuk Antartika! – Dan dalam banyak bahasa. Perempuan dan laki-laki menulis catatan, sekalipun gerakan ini sangat populer di kalangan gadis remaja sebagai tindakan anti-perundungan dan percaya diri dengan proporsi tubuh di sekolah.

    Both women and men write notes, although the movement is especially popular with teen girls as an anti-bullying and positive body image measure in schools

  • Saya sering memperoleh pertanyaan jika saya meyakini satu Post-it® Note kecil benar-benar dapat membuat perbedaan. Jawaban saya adalah tentu bisa. Para penderita depresi, kecemasan, dan gangguan makan memperoleh motivasi secara rutin untuk mendapatkan bantuan setelah tidak sengaja melihat sebuah catatan tersebut. 

    Apakah setiap penerima Operation Beautiful memiliki pengalaman yang mengubah hidup seperti itu? Tidak, tentu saja tidak. Namun setidaknya, sebuah pengingat bahwa “Ada ketidaksempurnaan dalam kecantikan … Jangan terlalu keras pada dirimu!” merupakan pencerah dalam hari seseorang. Post-It® Note kami seperti pelukan penuh keceriaan, yang mengingatkan penulis catatan dan penerimanya bahwa mereka tidak sendirian dalam eksistensi yang rumit ini. Dan di Operation Beautiful, hal ini lebih dari cukup.


  • Caitlin Boyle

    Caitlin Boyle adalah pendiri OperationBeautiful.com, penulis buku Operation Beautiful, dan narablog HealthyTippingPoint.com. Dia berusia 31 tahun dan tinggal di Charlotte, North Carolina bersama suami beserta kedua anaknya. Misi Operational Beautiful adalah mengirimkan pesan anonim di tempat-tempat umum guna membesarkan hati orang lain. Sampai saat ini, ribuan catatan telah dikirimkan ke seluruh dunia, dalam berbagai bahasa oleh orang-orang dari segala usia. Buku “Operation Beautiful” diluncurkan pada Agustus 2010. Caitlin telah tampil di Today Show, di OWN Network, serta di berbagai majalah seperti Glamour, Fitness, dan Self. Yahoo pun memilihnya sebagai salah satu dari “10 Kisah Inspirasi Terbaik 2010.” Dirinya juga memberikan ceramah di lebih dari 100 kampus mengenai Operation Beautiful.

koneksi komunitas operation_beautiful tulisan_tangan personal_notes super_sticky_notes

TAGS

    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia