1. Maximing color through contrast
Maximizing color through contrast

Memaksimalkan penggunaan warna dengan kontras

Otak manusia akan menolak informasi visual yang terlalu lemah ataupun kacau balau. Roda warna menata warna dengan cara tertentu yang memaparkan dengan jelas kombinasi warna yang menghasilkan kontras yang indah dilihat dan yang membuat mereka yang melihat merasa tidak nyaman akibat kontras yang bertabrakan ataupun saling mengaburkan.


  • Roda warna merupakan alat bantu terpenting untuk memahami kontras warna. Tradisi pemodelan warna seperti ini dipelopori oleh Isaac Newton, dan kebanyakan dari kita pertama kali mengenal pemodelan warna tersebut di bangku sekolah dasar.

    Warna kontras ialah warna yang posisinya berseberangan dalam roda warna—seperti merah dan hijau, jingga serta biru, ataupun kuning dan ungu. Pada saat warna kontras diletakkan berdampingan, masing-masing warna akan tampak lebih cerah dan tajam. Warna kontras tersebut akan saling menetralkan saat dipadukan.

    Untuk menciptakan kontras warna, pilih satu warna dari sisi roda yang “gelap”—tempat kelompok warna merah, biru, dan ungu berada. Ambil warna yang lain dari sisi roda warna yang “terang”, yakni tempat kelompok warna kuning, jingga, dan hijau berada.

    Sekarang, cerahkan warna yang terang, dan gelapkan warna yang gelap. Kini Anda telah memiliki kontras maksimum! Warna-warna tersebut akan berpadu dengan cara yang terkesan natural—namun ini hanyalah cara kerja hukum kontras warna.


Kreativitas

  • Putar roda warna

    Uji keterampilan Anda dengan mengenali perbandingan warna kontras tertinggi terhadap warna pusat roda


TAGS
    warna activity_facts notes_bali_collection


    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia