1. Managing Group Dynamics
Managing Group Dynamics

Mengelola Dinamika Kelompok

Bekerja dalam tim sesungguhnya dapat menjadi salah satu komponen yang paling produktif untuk mulai mewujudkan gagasan Anda.


Experience the benefits for yourself with these helpful tips:

  • 1

    Kedepankan kekuatan, bukan jabatan. Ajak semua orang membahas kekuatan dan peluang yang tengah dibangun.

  • 2

    Buat dokumen team charter yang menguraikan misi tim. Tetapkan tujuan/hasil kelompok yang ingin dicapai, dan kemudian tentukan peran dan tanggung jawab masing-masing. Catat seluruh informasi dan letakkan di tempat yang mudah dilihat oleh semua orang — alangkah lebih baik jika Anda menuliskannya pada Post-it® Big Pad!

  • 3

    Segera atasi masalah yang muncul. Apabila terjadi selisih paham antar anggota kelompok, sesegera mungkin bahas masalah dan selesaikan dalam kelompok.

  • 4

    Waspadai munculnya konsensus yang berlebihan. Kesepakatan memang baik…namun terlalu banyak kesepakatan juga tidak menguntungkan. Terima sanggahan dalam diskusi dan kembangkan diri dari argumentasi tersebut.

  • 5

    Luangkan waktu untuk merayakan keberhasilan kelompok. Sebagaimana dalam setiap hubungan, semua orang akan berbahagia ketika mengetahui dirinya dihargai. Sampaikan kalimat-kalimat positif sesuai kebutuhan dan jaga kobaran semangat kelompok.

kolaborasi notes big_pads

TAGS


    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia