1. How to teach close reading
How to teach close reading

Cara mengajarkan membaca cermat: Contoh dan gagasan untuk digunakan dalam kelas

Membaca cermat merupakan keterampilan yang penting dalam banyak bidang studi yang berbeda. Walaupun dianggap sebagai kunci mempelajari bahasa Inggris serta membaca, keterampilan ini juga memegang peran penting dalam pembelajaran ilmu sosial dan sains. Bahkan, keterampilan ini juga dapat diterapkan untuk matematika, terutama ketika menyelesaikan soal cerita.

Banyak guru telah menerapkan beberapa teknik membaca cermat di kelas, namun akan lebih membantu jika Anda menggali lebih banyak gagasan mengenai penerapannya dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Post-it® Note Tabs dan Arrow Flags, yang dirancang untuk digunakan bersama materi pelajaran, dapat menjadi bantuan instruksional yang bermanfaat dalam pengajaran membaca cermat.


  • Membaca intensif

    Ketika siswa membaca materi bacaan untuk pertama kalinya, mereka biasanya hanya membaca, tanpa mencatat atau mengajukan pertanyaan. Pada proses membaca materi yang kedua, akan lebih membantu jika Anda membimbing mereka untuk menandai kosakata, pertanyaan, serta kalimat yang sulit seiring proses membaca.  Post-it® Arrow Flags adalah cara terbaik untuk menandai berbagai bagian teks yang berbeda, dan penanda berkode warna ini dapat memperjelas asosiasi antara gagasan dan bendera yang menandainya. Anda dapat memilih satu warna untuk masing-masing kosakata, pertanyaan, dan kalimat, atau Anda dapat meminta siswa Anda menandai setiap bagian yang sulit dipahami dengan merah, kuning untuk yang cukup sulit, serta penanda hijau pada bagian yang mudah dipahami.

    Reading to understand

  • Membaca untuk menyusun tanggapan

    Pada sesi membaca tambahan, dan ketika Anda mengajukan pertanyaan khusus, dapat memudahkan siswa membubuhkan keterangan yang relevan dengan berbagai pertanyaan seputar teks, serta kemudian menggunakan keterangan mereka untuk menyusun tanggapan. Ketika siswa membaca untuk menjawab pertanyaan tertentu, Post-it® Note Tabs memudahkan mereka membuat catatan beserta bukti tekstual secara langsung untuk membantu mendukung jawaban yang dikembangkan. Kemudian, saat mereka mengerjakan tugas masing-masing, mereka dapat mengumpulkan tab ini di satu tempat dan menggunakannya untuk menyusun tanggapan. Mereka juga dapat membubuhkan keterangan dalam teks guna menemukan bagian yang harus dibaca ulang.

    Reading to construct responses

  • Tujuan membaca cermat adalah siswa memahami teks secara lebih mendalam, sekaligus agar mereka menguasai proses mencapai pemahaman tersebut. Pengulangan proses ini akan membuat mereka lebih terbiasa dan lebih menguasai proses membaca serta memahami materi yang rumit.

edukasi teachers bahasa_inggris notes arrow_flags

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia