1. Gap Analysis
Gap Analysis

Analisis Kesenjangan

Mengidentifikasi peluang untuk meraih potensi Anda yang sebenarnya.


Analisis Kesenjangan adalah metode wajib untuk menilai perbandingan kinerja saat ini dan potensi kinerja yang ada.

By identifying how your assets and resources are being utilized (and possibly underutilized), Gap Analysis makes it possible to seize your business' goals sooner — both in the short- and long-term.
 

  • 1

    Identifikasi topik yang akan Anda nilai menggunakan Analisis Kesenjangan. Topik tersebut dapat berupa hal apa pun yang penting bagi bisnis Anda, termasuk: perolehan pendapatan, pemotongan biaya, pengembangan produk, dll.

    Identify the topic

  • 2

    Tulis topik ini pada bidang kertas yang besar agar dapat dilihat oleh anggota tim yang lain.

  • 3

    Rencanakan posisi Anda saat ini yang terkait dengan topik Anda pada permukaan ini. Sering kali bentuknya berupa metrik atau atribut, namun juga dapat diterapkan pada pencitraan merek (yakni persepsi terhadap produk Anda).

  • 4

    Kemudian, tentukan posisi yang Anda inginkan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, apakah Anda ingin menambahkan tiga fitur penting pada produk Anda dalam 18 bulan mendatang?


    Plot your next time frame

  • 5

    Tentukan cara mengisi kesenjangan yang ada. Beberapa metode umum untuk melengkapi bagian ini meliputi Metode Tulang Ikan (Fishbone Method) atau Analisis SWOT Atau. cukup isilah kesenjangan menggunakan "6M":

    • • Manpower (Tenaga Kerja) — uraikan sumber daya manusia yang diperlukan
    • • Method (Metode) — identifikasi proses yang diperlukan
    • • Metrics (Metrik) — identifikasi pengukuran yang diperlukan
    • • Machines (Mesin) — tetapkan teknologi yang dibutuhkan
    • • Materials (Material) — identifikasi bahan (dari bahan baku hingga produk tambahan pemasaran) yang diperlukan
    • • Minutes (Waktu) — waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda
  • 6

    Mulailah mengidentifikasi cara menjembatani kesenjangan ini — bekerja samalah dengan anggota tim utama guna mengenali tindakan yang dapat menekan kesenjangan dan tetapkan tanggal pelaksanaan tindakan tersebut. Lakukan inventaris internal untuk menilai hal yang dimiliki saat ini dan hal yang diperlukan untuk mengatasi setiap kesenjangan yang ada — serta potensi anggaran bagi setiap bagian.

  • 7

    Gelar sesi kerja sama rutin setiap hari, setiap minggu, dan setiap dua minggu untuk menilai kemajuan serta mendokumentasikan langkah yang tengah dijalankan atau telah diselesaikan.


    Conduct regular collaboration sessions

  • Temukan produk yang mengejawantahkan metode ini di post-it.com/collaborate


TAGS
    collaboration process dry_erase_surface full_adhesive_roll
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia