1. Gamify your lesson plan
Gamify your lesson plan: Classroom ideas for teachers
webLoaded = "false" Loadclientside=No

Perkaya rencana pelaksanaan pembelajaran dengan permainan: Gagasan kegiatan pembelajaran dalam ruang kelas untuk guru

Gamifikasi sudah bukan sesuatu yang baru dalam dunia pendidikan – faktanya, guru telah memanfaatkan permainan trivia dan memainkan "Keliling Dunia" dalam kelas selama bertahun-tahun lamanya. Kenyataannya, sejauh hingga tahun 1850, (dan hampir pasti jauh sebelumnya) guru telah memanfaatkan permainan seperti 'spelling bee' dalam kelas. Namun sekarang, gamifikasi mulai banyak diterapkan dengan cara yang baru, serta wajib dipadukan dalam sistem pendidikan di beberapa sekolah. Gamifikasi sangat bermanfaat karena mudah diterapkan terhadap beragam jenis material yang berbeda, dan mudah dipadukan ke dalam kegiatan yang sederhana tanpa mengganggu alur rencana pelaksanaan pembelajaran atau mempersulit manajemen kelas. Berikut ini beberapa gagasan sederhana pengajaran dengan gamifikasi.


  • Memantau keberhasilan individu

    Apabila siswa menjawab pertanyaan atau mengerjakan tugasnya dengan benar, berikan Post-it® Page Marker kepada siswa untuk memantau keberhasilan mereka. Pada akhir pelajaran, masing--masing siswa dapat meletakkan penanda mereka pada papan buletin atau bagan untuk memantau seluruh nilai mereka.

  • Memantau keberhasilan kelompok

    Membuat bagan untuk seluruh kelas yang harus diisi oleh banyak orang. Ini dapat berupa kisi-kisi sederhana (yang dapat dipahami oleh siswa di jenjang yang lebih tinggi), namun dapat berbentuk banyak hal sejauh sesuai dengan tema kelas Anda, mulai dari pohon yang membutuhkan daun atau naga yang harus diberi sisik. Setiap kali siswa menyelesaikan tugas, soal, atau pekerjaannya, mintalah mereka menempelkan Post-it® Super Sticky Notes di papan – setelah semuanya terisi, berikan hadiah kepada seluruh siswa sebagai satu kelompok.

    Track group success

  • Memantau kemajuan menuju penyelesaian

    Buatlah peta pada papan buletin atau dinding yang menggambarkan tantangan, penyelidikan, ataupun perjalanan, dan tandai Post-it® Page Marker dengan nama masing-masing siswa. Setelah siswa menyelesaikan tugasnya, mintalah mereka memindahkan penanda ke sepanjang jalur menuju akhir perjalanan. Anda juga dapat menerapkan hal ini untuk pekerjaan seluruh kelas seiring pembahasan buku kerja siswa, bab buku pelajaran, ataupun sasaran kelulusan.

    Track progress toward completion

  • Harap diingat, kunci gamifikasi adalah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta memberikan sistem penghargaan yang jelas dan menarik terhadap kemajuan siswa.

edukasi matematika bahasa_inggris page_markers notes

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia