1. Fun that sticks: A Bedtime Math activity
Fun that sticks: A Bedtime Math activity
webLoaded = "false" Loadclientside=No

Keseruan yang terus melekat: Latihan Matematika Sebelum Tidur

Kami tidak mengetahui pendapat Anda, namun dinding kosong selalu menggugah semangat kami. Mengapa demikian? Karena dinding kosong merupakan kanvas sempurna untuk memenuhinya dengan matematika! Pada kegiatan baru ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat bunga dari Post-it® Note untuk menelusuri ukuran, pola, dan sudutnya.


  • Kekuatan bunga

    Anda memerlukan:  Post-it® Super Sticky Notes ukuran 7,62 x 7,62 cm dalam berbagai warna dan dinding kosong.
    TAnda dapat membuat banyak bentuk dengan Post-it® Note persegi, namun salah satu bentuk favorit kami adalah bunga berkelopak 4. Anda pun dapat membuat pola yang rapi dengan bentuk bunga ini.

    Gambar di bawah ini merupakan pola awal. Untuk meneruskan pola yang telah ada, warna apa yang Anda akan gunakan untuk membuat kelopak bunga selanjutnya?

    Flower power

  • Anda juga dapat mengkreasikan ukurannya saat membuat pola ini. Apakah yang terjadi pada bebunggan tersebut ketika Anda bergerak dari kiri ke kanan pada gambar di bawah ini? Apabila Anda menambahkan bunga kelima, seberapa tinggi tangkainya jika dihitung dengan Post-it® Note?

    Pastinya terdapat bunga yang tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan bunga lainnya! Apabila setiap bunga memiliki tinggi 2 kotak Post-it® Note dibandingkan dengan bunga sebelumnya, berapakah tinggi bunga keempat?

    You can also play with size when making patterns

  • Kekuatan Bunga Kedua

    Beberapa bunga memiliki lebih dari 4 kelopak bunga. Untuk membuat bunga dengan 8 kelopak, buat lapisan kelopak bunga baru berbentuk X pada bagian atas bentuk +. Inilah caranya:

    Mulailah membuat lapisan kelopak kedua dengan menempelkan selembar Post-it® Note baru pada bagian tengah, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Setiap titik dari lembaran baru kertas tempel harus ditumpuk menutupi bagian tengah setiap kelopak bunga secara merata. Anda pun dapat melihat titik bagian atas mendarat rapi di tengah lingkaran titik-titik, layaknya titik Utara pada kompas.

    Also, some flowers have more than 4 petals

  • Begitu kertas persegi tengah Anda telah terpusat dengan sempurna, tambahkan lapisan kelopak kedua! Pilih warna baru untuk lapisan ke-2 mahkota Anda, kemudian tambahkan kelopak tersebut hingga tepi dalamnya sejajar dengan Post-it® Note tengah. Apabila Anda ingin membuatnya benar-benar semarak, tambahkan lebih banyak lapisan kelopak bunga!

    Once your center square is perfectly centered, add your 2nd layer of petals

  • Untuk membuat bunga dengan 12 kelopak, pertama-tama lepaskan lapisan mahkota kedua sehingga Anda dapat menambahkan kertas persegi di tengah. Kami mengingatkan kembali bahwa kertas persegi baru tersebut harus diletakkan sehingga ujung-ujungnya dapat bertumpang tindih secara merata dengan masing-masing kelopak bunga. Selanjutnya, tambahkan persegi tengah ketiga dengan memposisikan sudutnya di antara sudut kedua kertas persegi lainnya. Kemudian, tambahkan lapisan kelopak bunga kedua dan ketiga. Kini, Anda pun memiliki bunga dengan 12 kelopak!

    Untuk membuat bunga dengan 16 kelopak, tambahkan kertas persegi tengah keempat dengan metode yang sama.

    To make a 12-petal flower, first remove your 2nd layer of petals so that you can add another central square

  • Bunga liar

    Buat bunga ini dengan menempelkan lembaran persegi Post-it® Note secara bertumpuk dengan sudut miring yang sama. Satu lingkaran memiliki sudut 360 derajat, sehingga Anda memiliki banyak ruang untuk bermain – cari tahu berapa banyak kotak persegi yang dapat memenuhi satu lingkaran bunga!

    Anda mungkin ingin membuatkan tangkai ramping untuk bunga liar ini. Apabila Anda memotong kertas persegi Post-it® Note berukuran 7,62 cm menjadi setengah bagian, berapakah lebarnya?

    The wildflower


  • Bedtime Math

    Bedtime Math merupakan organisasi nirlaba yang berupaya menumbuhkan keseruan dan rasa ingin tahu dalam mempelajari matematika. Produk utamanya adalah soal matematika online harian jenaka yang dapat dikerjakan orang tua bersama sang buah hati, demi menjadikan matematika di kala malam sama lazim dan disukai sebagaimana dongeng pengantar tidur. Bedtime Math telah mengembangkan sayap untuk menciptakan pengalaman mengerjakan matematika yang menyenangkan bagi anak-anak di rumah, perpustakaan, dan pada program sepulang sekolah di seantero negeri. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungilah www.bedtimemath.org.

edukasi matematika penambahan super_sticky_notes big_pads

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia