1. Seeing data structure clearly
Seeing data structure clearly

Lihat struktur data dengan jelas

Mampu menuliskan daftar data dalam urutan yang tepat adalah hal yang acap kali harus Anda lakukan dalam pemrograman — dan menuliskannya dengan benar adalah suatu tantangan. Berikut adalah gagasan sederhana yang dapat membantu Anda mencermati data.


  • CONTOH PELAJARAN: MEMVISUALISASIKAN ANTREAN DENGAN PRODUK POST-IT®

    Meski cukup sederhana, konsep ini termasuk salah satu hal yang sulit untuk divisualisasikan — yakni struktur data FIFO (Pertama-Masuk-Pertama-Keluar). Sebelum menulis deretan kode secara langsung di kompilator, bayangkan antrean menggunakan beberapa alat bantu yang mudah dijangkau. Simak langkah-langkah berikut untuk mengetahui caranya.

  • 1

    Buka kompilator kode di komputer Anda dan mulailah mencermati set data Anda.

  • 2

    Tulislah masing-masing set data di Post-it® Super Sticky Note atau Post-it® Page Marker, kemudian tempelkan pada selembar kertas dengan urutan yang benar. Ingatlah cara menumpuknya dalam antrean—pertama masuk, pertama keluar.

    Write each set of data on a Post-it® Super Sticky Note or Post-it® Page Marke

  • 3

    Dengan demikian, Anda dapat membayangkan urutan data yang diambil dari baris. Tarik masing-masing Post-it® Super Sticky Note atau Post-it® Page Marker dari lembaran, sesuai urutan yang benar. Ingat, elemen pertama yang ditambahkan dalam antrean haruslah menjadi eleman pertama yang dihilangkan. Kami menggunakan contoh angka-angka sederhana, namun gagasan ini juga dapat digunakan untuk set data yang jauh lebih rumit.

    pull each Post-it® Super Sticky Note or Post-it® Page Marker off the sheet in the correct order

  • 4

    Membayangkan elemen yang menumpuk di antrean Anda - kemudian membayangkannya keluar dari antrian - dapat menjadi alat bantu yang bermanfaat saat belajar menyusun pengodean. Inilah cara sederhana yang menjadikan pembelajaran mudah dan menyenangkan.

    Visualizing items stacking up in your queue — and then visualizing them leaving the queue — can be a useful tool when learning to code

belajar teknologi programming development code super_sticky_notes page_markers

TAGS


    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia