1. Creating an Eye-Catching Presentation
Creating an Eye-Catching Presentation

Menyusun Presentasi yang Menarik

Orang-orang memperhatikan dan mengingat suatu presentasi ketika melihat warna yang hangat seperti kuning, jingga, serta merah, sedangkan warna dingin seperti cokelat dan abu-abu sering kali membuat perhatian mereka teralihkan.


  • Pandangan lebih dari sekadar sinyal yang melintasi saraf optik. Hal ini tidaklah mengejutkan jika mengingat bahwa indra kita berevolusi demi menjadikan kita pemburu, pengelak, pencari pasangan, dan pengasuh anak terbaik yang pernah ada! Pada saat citra keadaan sekitar mencapai alam sadar kita, otak telah mengelompokkannya dengan baik.

    Anda akan terkejut menemukan betapa efektif cara kerja presentasi visual ketika kita mempertimbangkan sejarah tersebut. Ilmuwan telah menemukan bahwa warna dari palet natural, seperti rona tanah, lebih mudah diterima oleh otak. Ini berarti latar belakang yang lebih cerah menghadirkan keterbacaan yang lebih tinggi. Pasang warna krem lembut sebagai latar belakang presentasi Anda, alih-alih warna putih yang menyilaukan mata.

    Pastikan Anda menerapkan kekuatan tiga — andalkan dua warna komplementer untuk isi informasi Anda — kemudian padukan satu pilihan warna kontras untuk materi yang ingin Anda tekankan. Terdapat sebuah prinsip bertajuk “The Isolation Effect” yang menyebutkan bahwa pemirsa mengenali dan mengingat kata atau gambar dengan lebih akurat saat ditampilkan secara kontras dengan sekitarnya.


Activity

  • Activity

    Cetak dua salinan majalah atau artikel koran berhalaman penuh. Biarkan teman Anda melingkari sejumlah kata acak pada kedua salinan tersebut — namun, gunakan spidol berwarna pada sebuah salinan dan spidol hitam pada salinan lainnya. Pindai seluruh salinan dengan informasi yang ditekankan dalam warna hitam. Sekarang, lakukan hal yang sama dengan salinan berwarna. Apakah Anda merasa lebih mudah untuk mencari lingkaran berwarna?

    Bagaimana Anda menggunakan warna untuk menyampaikan informasi? Bagikan pengalaman Anda pada Facebook dan bantu orang lain menuai pelajaran dari pengalaman Anda!

warna notes_new_york_collection

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia