1. Creating a garden plan with Post-it® Notes: How to make the most of your spring planting
Creating a garden plan with Post-it® Notes

Menyusun rencana berkebun dengan Post-it® Note: Cara menghabiskan waktu musim semi dengan berkebun

Meskipun kebanyakan hobi berkebun dilakukan pada musim semi dan panas, musim gugur serta musim dingin menjadi waktu berkebun yang paling kreatif (dan, bagi banyak orang, yang paling menyenangkan). Menata dan merencanakan kebun Anda ibaratnya mimpi yang menjadi nyata – inilah langkah awal menjadikan kebun impian Anda kenyataan sebelum mulai mengerjakannya. Namun, ini lebih dari sekadar mimpi – menyusun rencana berkebun yang jelas dan terperinci adalah cara terbaik untuk memanfaatkan hampir seluruh lahan kosong yang tersedia.


  • 1. Buat sketsa taman Anda

    Langkah pertama adalah membuat gambar berskala dari bidang tanah yang akan Anda gunakan berkebun. Ini mungkin berupa segi empat atau persegi panjang sederhana. Namun, Anda mungkin juga perlu mensketsa dalam bentuk lingkaran atau bentuk yang tidak biasa jika Anda berkebun dalam bak tanaman ataupun di sekeliling bangunan atau konstruksi. Mulailah dengan sistem blok sederhana yang dapat Anda gambar pada secarik kertas (skala satu inci banding satu kaki dapat Anda gunakan, kecuali jika Anda berkebun menggunakan bak tanaman yang besar – berapa pun luas bidang yang Anda miliki, cari tahu skala yang sesuai dengan kebutuhan Anda). Setelah sketsa blok taman Anda selesai, tidak sulit menambahkan bak tanaman berbentuk kotak atau persegi panjang. Apabila Anda berkebun menggunakan bak tanaman berkurva, buatlah sketsa berbentuk kotak atau persegi panjang yang dapat mengakomodasi bentuk bak keseluruhan. Kemudian, gunakan garis kisi blok untuk membantu Anda memasukkan kurva – garis diagonal sederhana melalui bagian tengah satu atau beberapa persegi, ini dapat menjadi panduan menggambar bentuk kurva yang pas.

    Sketch your plot

  • 2. Labeli Post-it® Notes dengan tumbuhan yang ingin Anda tanam

    Kumpulkan beberapa Post-it® Super Sticky Notes dalam berbagai warna, dan labeli setiap warna dengan nama tanaman yang ingin Anda tanam. Buat sejumlah catatan berlabel yang cukup untuk masing-masing tanaman guna menggambarkan rasio awal jumlah tanaman kebun Anda. (Apabila ukuran tanaman Anda relatif kecil, masing-masing catatan dapat mewakili sejumlah tanaman, sebuah bak tanaman kecil, atau susunan tanaman tertentu, jika diperlukan.)

    Label Post-it® Notes with what you want to grow

  • 3. Rancang kebun Anda

    Ambil catatan berlabel dan tempatkan pada bidang tanah yang tersedia. Atur dan atur ulang sesuai dengan kebutuhan Anda agar seluruh bidang tanah yang Anda miliki terisi penuh. Jangan lupa memperhitungkan kebutuhan bidang tanah untuk tanaman tumbuh dan berkembang, atau tanaman dengan kebutuhan khusus seperti sinar matahari tambahan ataupun jenis tanah khusus.

    Take your labeled notes and place them into your available plots

  • 4. Gunakan rencana Anda sebagai panduan budi daya Anda

    Setelah rencana Anda selesai, Anda dapat menggunakannya untuk menyusun jadwal pembelian bibit, menentukan tanggal penanaman, dan mempersiapkan benih dalam rumah selama musim dingin. Atau, jika Anda menunggu hingga musim semi tiba, garap rencana Anda dan gunakan untuk memperkirakan hasil berkebun Anda pada musim berikutnya.

produktivitas gardening musim_semi luar_rumah notes

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia