1. Challenge kids with fun science activities
Challenge kids with fun science activities

Tantang anak-anak dengan kegiatan sains yang menyenangkan

Sibukkan buah hati Anda pada musim panas ini dengan kegiatan sains interaktif nan menyenangkan bersama Produk Post-it®!


  • Tengah berburu ide untuk menyibukkan si kecil pada musim panas ini? Dorong mereka untuk mengatasi masalahnya sendiri dengan kegiatan sains langsung ini. Setiap kegiatan di bawah ini hanya akan menjelaskan kerangka dasarnya. Kemudian, semuanya diserahkan kepada anak-anak untuk mencetuskan gagasannya, mencoba berbagai hal, serta mencari tahu hal yang berhasil dalam kegiatannya. Perlengkapan yang tertera di bawah ini hanyalah saran untuk membantu Anda memulai, jadi Anda dipersilakan menggunakan bahan lain yang ada.

  • Rancang dan buat parasut (Kelas 3–8)

    Tujuan kegiatan ini ialah merancang parasut yang terjun perlahan. Kumpulkan sejumlah bahan, kemudian bahas berbagai gagasan yang dapat dicoba oleh buah hati Anda.

     

  • Anda memerlukan:

    Kantong plastik
    Selembar Post-it® Note ukuran besar
    Sehelai kain
    Seutas senar
    Perforator
    Gunting
    Sesuatu yang dapat digunakan sebagai pemberat, seperti mainan mungil, boneka action figure, batu kecil, dll.  
    Stopwatch

    You will need

  • Biarkan buah hati Anda membuat parasutnya sendiri. Namun, ingatkan mereka untuk membuatnya terjun selambat mungkin. Setelah parasut selesai dibuat, cari tempat yang cukup tinggi untuk menguji parasut tersebut. Anda dapat meminta mereka memegang parasut tersebut setinggi yang mereka bisa, lalu jatuhkan parasutnya.

    Let your kids build the parachute, reminding them that they want it to fall as slowly as possible

  • Setelah mencatat waktu parasut untuk menyentuh tanah, biarkan mereka membuat parasut dengan rancangan berbeda dan bahan yang sama, lalu uji kembali parasut tersebut.

    After they record the time it takes for the parachute to get to the ground

  • Selidiki sidik jari (Kelas 2–6)

    Detektif kecil di rumah Anda ingin beraksi? Inilah kegiatan seru yang dapat menyibukkan mereka untuk belajar mengenai sidik jari. Anda dapat mengumpulkan sidik jari dengan berbagai cara.

  • Bahan yang dapat digunakan:

    Bedak bayi atau tepung maizena
    Scotch® Magic™ Tape
    Kuas kecil, seperti kuas cat air
    Selembar kertas konstruksi hitam
    Pensil

    Possible materials

  • Opsi pertama: Ajak si kecil menekan jari mereka pada permukaan yang bersih, misalnya meja dapur. Kemudian, mintalah mereka menaburkan sedikit bedak bayi atau tepung maizena di atas bidang yang disentuh. Gunakan kuas kecil untuk menyapu bubuknya dengan lembut. Sidik jarinya akan terlihat. Tempelkan selotip Scotch® Magic™ Tape di atas sidik jari, lepas selotipnya, lalu rekatkan selotip tersebut pada selembar kertas konstruksi hitam.

    Use a small brush and gently brush away the powder

  • Opsi kedua: Gunakan pensil untuk mengarsir bidang pada selembar kertas. Gosok jari Anda pada bidang yang diarsir hingga ujung jari Anda diselimuti grafit pensil. Tekan sepotong Scotch® Magic™ Tape pada jari Anda, lalu tekan selotip pada selembar kertas baru.
    Use a pencil to draw a shaded area on a piece of paper

  • Biarkan si kecil mencoba keduanya. Kemudian, diskusikan mengenai alasan satu metode lebih baik daripada metode lainnya, atau cara setiap opsi dapat digunakan dalam beragam situasi. Cobalah beragam permukaan di dapur dan di sekitar rumah Anda. Tantang buah hati Anda untuk melihat berapa banyak sidik jari yang dapat mereka kumpulkan. Mintalah seluruh anggota keluarga menyentuh berbagai permukaan di rumah, lalu biarkan si kecil menyelidiki siapa yang menyentuh permukaan tertentu.


    Try a variety of surfaces in the kitchen and around the house

  • Tumpuk Post-it® Note untuk menopang mobil (Kelas 5–8)

    Untuk kegiatan ini, lihatlah seberapa tinggi Anda dapat menumpuk Post-it® Notes guna menopang beban mobil mainan kecil milik sang anak.

    For this activity, see how high you can stack Post-it® Notes to support the weight of a small toy car

  • There are dozens of ways to stack Post-it® Notes. Have your kids think about what they can do to make the sheets stronger and stack them higher. Here are just a few ideas to get you started:

    Roll them up to look like little paper towel rolls, and then stack the rolls.
    Make some zigzag folds and stand them up vertically.
    Fold them into three-dimensional squares.
    Use the adhesive to stick them together.

    There are dozens of ways to stack Post-it® Notes

  • Uji imajinasi buah hati Anda dengan membatasi bahan yang dapat digunakan, yakni Post-it Note saja. Jika tidak, Anda dapat membiarkan mereka menggunakan beberapa bahan seperti senar, Scotch® Magic™ Tape, dll. Anda juga dapat menggunakan objek lain untuk menggantikan mobil mainan, misalnya uang koin atau gelas plastik.

    Inilah beberapa ide yang dapat digunakan untuk menginspirasi buah hati Anda. Bersukacitalah saat menyaksikan hal yang dapat dilakukan oleh generasi penerus perancang produk, ilmuwan, serta teknisi ini!

edukasi eksperimen_sains musim_panas aktivitas_anak super_sticky_notes big_pads

TAGS


    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia