Persepsi umum beranggapan bahwa gagasan yang berpengaruh dilahirkan berdasarkan minat satu atau dua orang. Meskipun pada kenyataannya, pemikiran revolusioner sebenarnya lahir dari keterampilan serta taktik tim yang menakjubkan. Inilah sejumlah gagasan dan wawasan untuk memaksimalkan pengalaman kolaboratif Anda — dipersembahkan oleh Post-it® Brand.
Anda mengantongi gagasan emas — namun bagaimana Anda akan mewujudkannya? Ikuti pedoman berikut untuk menuju produk berdaya saing minimum (MVP) Anda:
Satu kata: tentukan. Apakah hal penting yang harus dilakukan untuk mulai mewujudkan gagasan Anda? Fitur apa yang penting? Fitur apa yang perlu ditambahkan? Sebagai langkah awal, utamakan komponen ini dan tuliskan pada kertas.
Bandingkan produk/layanan Anda dengan para pesaing. Di manakah letak persamaannya? Hal baru apa yang diusung oleh produk/layanan Anda? Berikan penekanan pada perbedaannya untuk menunjukkan keaslian konsep Anda dibandingkan dengan "konsep serupa lainnya.
Buatlah pemetaan berisi tanggung jawab tim. Susunlah daftar check-in dan tenggat waktu bersama kelompok Anda untuk memantau kemajuan yang nyata.
Anda boleh mengatakan "tidak." Membangun MVP berarti mempersiapkan fitur/perbedaan terpenting. Terkadang, hal tersebut dimaknai sebagai pembatasan fitur/gagasan pada tahap ini. Akan tetapi, Anda selalu dapat menambahkannya pada tahap mendatang.
Cari umpan balik. Masukan dari orang lain, baik dari teman maupun pengusaha, dapat membantu Anda mengenali celah dan/atau peluang untuk melambungkan gagasan Anda ke tingkat yang lebih tinggi.