1. Connection Color and Sound
Connection Color and Sound

Hubungan antara Warna dan Suara

Plato, Aristoteles, dan Newton berhasil menemukan kaitan antara nada musik yang berbeda serta corak dalam spektrum warna yang berlainan. Karena lagu acap kali mengusung tema emosional mengenai optimisme dan energi yang spesifik, ataupun nostalgia serta penyesalan, mereka dapat berasosiasi dengan warna tertentu.


  • Ternyata, suara dan warna memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang kita kira. Sebagai permulaan, keduanya merupakan gelombang yang mengubah lingkungan — dan momen — dengan cara tertentu. Suara adalah gelombang mekanis yang menembus suatu zat, sementara cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang melintasi suatu bidang guna menghasilkan spektrum yang kasat mata — yakni warna yang dapat kita lihat.

    Faktanya, sejak Isaac Newton mengembangkan roda warna pada 1666, para seniman serta komposer terus berusaha menghubungkannya dengan suara dan gubahan lagu. Pada saat cahaya menerobos prisma, cahaya pecah menjadi tujuh warna, sebagaimana terdapat tujuh nada dalam skala musik.

    Hubungan lainnya? Kemiripan emosi yang dipicu oleh suara dan warna. Misalnya, kita dapat menjelaskan suara terompet dengan kata sifat seperti cerah dan hangat, yakni elemen yang sering kali dikaitkan dengan warna.


Kreativitas

  • Activity

    Dengarkan musik yang diaransemen dalam nada mayor, dan tuliskan warna yang dapat Anda bayangkan. Sekarang, dengarkan musik yang digubah dalam nada minor dan lakukan hal yang sama, yakni menulis daftar warna yang dapat Anda bayangkan. Menurut Anda, warna apa yang memiliki asosiasi yang paling kuat dengan masing-masing lagu? Apakah Anda menghubungkan warna tersebut dengan suasana hati yang dibangkitkan oleh lagu tersebut?

    Bagaimana Anda menggunakannya untuk melihat suara? Bagikan pemikiran Anda pada Facebook dan bantu orang lain menuai pelajaran dari pengalaman Anda!

color notes_capetown_collection

TAGS
    FAQs Call Us: (021) 2997 4000 Call Us: (021) 2997 4000
    Follow Post-it® Brand
    Post-it Brand is a trademark of 3M.
    Change Location
    Indonesia - Bahasa Indonesia